Kiat Menambah Berat Badan Dengan Perhitungan Kalori

Tidak hanya terlalu gemuk, terlalu kurus juga dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang mencari cara untuk menaikkan berat badan agar tubuh terlihat lebih bugar dan berisi. Kali ini Reps akan mengulas cara menaikkan berat badan dengan mengandalkan perhitungan kalori.

1. Rumus untuk menambah berat badan sangat sederhana, yakni jumlah kalori yang masuk harus lebih besar daripada jumlah kalori yang terbakar. Untuk itu Anda perlu mengetahui berapa banyak kalori yang Anda perlukan untuk menambah berat badan. Gunakan kalkulator untuk menentukan total pengeluaran harian (total daily energy expenditure calculator – TDEE). Anda akan diminta mengisi tingkat aktivitas yang mewakili gaya hidup Anda. Pastikan mengisinya dengan benar.

2. Setelah mendapat angka TDEE, tambahkan angka tersebut dengan 500 kalori dan mulailah makan hingga setidaknya memenuhi 500 kalori selama beberapa minggu untuk mengetahui apakah berat badan Anda bertambah atau tidak. 

3. Pastikan yang Anda konsumsi adalah makanan yang sehat. Bukan makanan siap saji atau junk food yang justru akan mengganggu kesehatan tubuh dan membuat berat Anda naik oleh lemak. Juga lakukan olahraga dengan intensitas rendah agar tetap bugar dan postur tubuh tetap terjaga.

4. Untuk progress, Anda dapat mencatat makanan apa saja yang Anda konsumsi, dan masukan data tersebut ke web database nutrisi gratis. Hal tersebut akan membantu Anda menghitung kebutuhan makronutrien dan kalori yang masuk setiap harinya dan melihat sejauh mana hasil dari usaha Anda menaikkan berat badan.

5. Jika setelah beberapa minggu berat badan Anda tidak bertambah, Anda dapat meningkatkan 500 kalori tersebut menjadi 750 kalori. Sebaliknya jika berat Anda naik terlalu cepat, Anda dapat menguranginya menjadi 200-300 kalori per hari.

Selamat mencoba! (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.