Kiat Sukses Valentine Diet Bersama Pasangan

supportive-partner

Berbicara mengenai diet, sebagian menganggap bahwa diet adalah hal yang mudah. Namun sebagian lagi sebaliknya. Menahan diri dari makanan dengan cita rasa enak demi kesehatan bukanlah perihal mudah.

Bertepatan dengan bulan kasih sayang, kali ini Reps akan membagikan tips diet bersama pasangan. Pastinya melakukan sesuatu bersama-sama dengan saling memotivasi akan mengoptimalkan hasil diet Anda bukan. Selain itu, diet bersama pasangan pastinya akan lebih menyenangkan. Berikut kiat-kiat valentine diet yang dapat Anda lakukan bersama pasangan yang tentunya tak hanya diterapkan di hari kasih sayang saja.

Memilih makanan yang lebih sehat bersama-sama

Ketika Anda dan pasangan mulai memutuskan untuk menurunkan berat badan dan menerapkan pola hidup sehat, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih dengan bijak makanan yang boleh dan tidak boleh Anda konsumsi. Anda dapat mengganti junkfood dan soft drink favorit Anda dengan makanan yang lebih sehat seperti keripik dan soda dengan buah-buahan dan jus.

Membuat daftar belanja dan belanja bersama

Setelah memilih menu makanan sehat, Anda dan pasangan Anda dapat membuat daftar belanja bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk program diet Anda bersama-sama. Selain lebih menyenangkan, berbelanja bersama juga merupakan salah satu olahraga ringan (berjalan kaki) yang dapat membakar kalori, dan tentunya waktu hangout yang menyenangkan bersama sang kekasih.

Memasak dan makan bersama

Memasak bersama memang memberikan nuansa keromantisan tersendiri. Membantu pasangan Anda memasak didapur juga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai cara mengolah makanan. Pastikan menu yang Anda olah adalah menu sehat tanpa menggunakan bahan yang mengandung banyak lemak, garam serta gula. Anda dapat bereksperimen berbagai resep sehat yang dapat Anda temukan di website ataupun majalah.

Olahraga bersama-sama

Rear view of jogging Caucasian couple outdoors

Selain makanan, olahraga juga merupakan aspek penting dalam usaha menurunkan berat badan. Di kutip dari Daily Mail, Sian Lewis, wakil dari perusahaan asuransi yang melakukan survei menemukan bahwa olahraga bersama menumbuhkan antusiasme yang tidak ditemukan saat orang melakukannya seorang diri. “Lebih mudah bersantai daripada olahraga jika hanya sendiri. Tetapi teman adalah motivator terbaik untuk menjaga kesehatan dan berat badan tetap ideal.” Anda dapat melakukan olahraga ringan bersama pasangan seperti jogging, berjalan kaki, bersepeda atau berenang.

Membagi porsi makanan saat makan diluar

Ada kalanya Anda bosan dengan makanan dirumah. Anda dapat mengajak pasangan Anda makan bersama direstoran. Namun Anda harus menghindari fast food dan lebih cenderung memilih restoran yang menyajikan makanan yang sehat seperti seafood atau makanan yang bahan bakunya sayur-sayuran. Kemudian pesanlah dalam porsi kecil. Bila prosi yang ditawarkan besar, pesanlah satu porsi dan berbagilah dengan pasangan Anda untuk mengurangi porsi yang terlalu besar.

Matikan televisi

Biasakan untuk tidak makan sambil menonton televisi karena porsi makan Anda akan terganggu dan lebih banyak lantaran anda tidak berkonsentrasi terhadap apa yang Anda makan. Konsentrasi Anda justru akan teralihkan pada film yang sedang Anda tonton. Ketua tim peneliti Eric Robinson dari University of Liverpool, UK, mengatakan “Sejumlah studi memang telah menunjukkan fakta ini secara individual sebelumnya tapi buktinya berbeda dari satu studi dengan studi yang lain,”. Bahkan menurut Robinson, makan sambil ‘disambi’ ini akan meningkatkan jumlah porsi makan seseorang hingga 50%. Untuk itu matikan televisi Anda dan makanlah bersama pasangan di meja makan dengan menu yang sehat.

Membuatnya lebih sederhana

Banyak sekali ulasan mengenai bagaimana menghitung kalori harian, menghitung jumlah kandungan-kandungan makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya. Hal tersebut membuat diet Anda dan pasangan menjadi terasa rumit. Untuk itu mulailah untuk menyederhanakan diet dengan membuatnya lebih simpel dimulai dengan hal yang sederhana terlebih dahulu. Tidak perlu harus berpikir diet yang rumit. Kuncinya adalah fokus dan konsisten. Cari resep yang mudah dan dapat menjadi menu favorit Anda, kurangi konsumsi garam dan gula, serta perbanyak minum air putih.

Untuk itu mulai hidup sehat bersama pasangan Anda mulai dari sekarang! (Ayu)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *