Kunci Sukses Transformasi Tubuh

Transformasi tubuh dari kurus atau gemuk menjadi atletis dan berotot, masih menjadi trend hingga saat ini. Semakin mudahnya mengakses sosial media, semakin mudah pula kita menemukan banyak transformasi tubuh dari yang biasa, menjadi sangat mengagumkan.

Nyatanya, banyak orang yang telah mengetahui dasar perubahan tubuh, yakni latihan, nutrisi, dan istirahat. Namun ternyata masih ada hal yang perlu Anda ketahui, yakni hal-hal yang menjadi kunci sukses perubahan tubuh Anda.

Kali ini Reps akan merangkum beberapa hal yang dapat membuat transformasi tubuh Anda berhasil.

Tetapkan tujuan dengan tepat

Apa tujuan Anda membangun otot? Kebanyakan orang hanya ikut-ikutan saja atau ingin punya tubuh yang atletis untuk pamer semata. Jika itu tujuannya, Anda hanya buang-buang waktu datang ke gym. Pasalnya meski Anda bisa, hasilnya pun tidak maksimal.

Untuk bisa bertahan pada keinginan Anda, tetapkanlah tujuan yang kuat. Buatlah tujuan Anda semakin spesifik, sehingga setiap kali merasa lelah, Anda akan mengingat kembali tujuan Anda dan merasa bersemangat.

Goal yang realistis

Memiliki goal tubuh seperti para juara Mr Olympia sah-sah saja. Namun untuk mencapai tubuh seperti mereka akan butuh waktu dan dedikasi yang sangat tinggi. Untuk itu sebelum bertransformasi, pastikan goal yang Anda tetapkan dapat Anda raih atau dengan kata lain merupakan hal yang realistis.

Punya prinsip dan tetap yakin

Niat saja mungkin mudah diucapkan. Tapi ketika mulai dan menjalani proses, tiap langkahnya akan terasa berat. Mulai dari penyesuaian makan, badan yang sakit karena tidak biasa berlatih, hingga kesulitan tidur, akan Anda rasakan ketika di awal bertransformasi. Namun Anda harus tetap konsisten dan bertahan, serta yakin bahwa Anda bisa.

Setelah progres Anda mulai menampakan hasil, Anda pasti akan lebih bersemangat untuk mencapai hasil selanjutnya. Buatlah video atau kumpulan foto-foto selama proses Anda bertransformasi agar Anda lebih terpacu untuk berhasil.

Jangan berharap hasil yang sempurna

Banyak orang selalu ingin hasil yang maksimal dalam melakukan suatu hal. Namun berbeda dengan membangun otot. Mengharapkan hasil yang selalu sempurna akan membuat Anda putus asa, pasalnya perubahan setiap orang tidak selalu sama.

Pelajari respon tubuh terhadap latihan dan diet yang tepat. Jangan paksakan diri dan pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup. Karena otot hanya akan tumbuh ketika tubuh melakukan pemulihan.

Baca juga: 5 tips percepat pemulihan pasca latihan

Percaya pada diri sendiri

Yang memicu kegagalan saat bertransformasi adalah rasa kurang percaya diri pada diri kita sendiri. Seringnya pikiran negatif, seperti “saya sangat sulit menurunkan berat badan” “saya tidak bisa melakukannya dengan baik”, dapat mempengaruhi hasil yang Anda capai.

Berpikirlah positif dan lakukan setiap latihan dan diet Anda dengan hati yang senang. Hal ini dipercaya dapat meingkatkan rasa percaya diri Anda untuk bisa melakukannya. Kekuatan pikiran ini pernah di bahas dalam suatu artikel di web fitness.

Kebugaran adalah tentang mempertahankan dan menambah otot

Banyak orang yang salah persepsi tentang transformasi tubuh. Mungkin Anda salah satunya. Perlu Anda ketahui bahwa mendapatkan tubuh yang ramping mungkin perihal mudah. Banyak diet-diet yang memungkinkan Anda untuk turun berkilo-kilo dalam waktu singkat. Namun kebugaran adalah tentang mempertahankannya dalam waktu yang lama.

Untuk itu alih-alih melakukan diet ekstrim yang bisa saja membahayakan kesehatan, Anda bisa menggantinya dengan menerapkan kebiasaan makan sehat. Hal ini akan berkontribusi pada kesehatan Anda jangka panjang juga membantu menjaga berat badan tetap stabil.

Kenali hal dasar tentang nutrisi

  • Cobalah makan protein tanpa lemak. Jika jumlah protein dari makanan belum mencukupi kebutuhan harian, tambahkan protein shake ke dalam menu harian Anda.
  • Makan karbohidrat sebelum dan sesudah latihan untuk membantu mengurangi berat badan.
  • Ganti karbohidrat Anda dengan jenis karbohidrat kompleks, kecuali setelah latihan. Usahakan untuk tidak terlalu banyak konsumsi karbo setiap hari.
  • Cukupi kebutuhan air untuk mencegah dehidrasi. Usahakan konsumsi air setengah dari berat badan Anda dalam ons.
  • Jangan hilangkan lemak sehat karena berperan besar dalam penyerapan nutrisi, metabolisme, dan energi.
  • Konsumsi sayuran dan buah untuk melengkapi nutrisi mikro serta serat.
  • (Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *