Mana Latihan Yang Baik, Full Body Atau Split Body?

Ini adalah pertanyaan yang banyak orang tanyakan dalam program kebugaran dan itu adalah pertanyaan yang sangat valid. Jika Anda Google topik ini, Anda mungkin akan melihat berbagai jawaban dari dua permasalahan ini.

Jawaban yang benar dari masalah ini adalah TERGANTUNG, ya semua itu tergantung kebutuhan Anda masing-masing. tubuh manusia tidak sama satu dengan yang lain begitu pun aktivitas fisik maupun kesibukannya.

Keduanya adalah strategi yang sangat valid dan keduanya memiliki pro dan kontra. Berikut ini adalah rincian yang dapat memandu Anda di antara dua pilihan:

Anda harus melakukan latihan seluruh tubuh (full body) jika:

Anda baru berolahraga

Bagi mereka yang baru berolahraga atau baru mulai kembali setelah istirahat yang sangat lama, full body adalah yang terbaik. Daya tahan otot Anda rendah dan perlu dibangun kembali. Kebanyakan orang akan melihat banyak hasil dalam 2-4 minggu pertama hanya dengan 1-2 latihan per kelompok otot.

Anda tidak konsisten dalam mengikuti rencana latihan

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, orang-orang yang hanya semangat diawal saja. Saran kami adalah lakukan latihan full body ketimbang split body. Mengapa? Karena jika Anda sering bolos program latihan split body mengakibatkan ketidakseimbangan antara otot satu dengan yang lainnya.

Misalnya, jika Anda melatih dada setiap minggu tetapi lupa melatih punggung, Anda cenderung mengalami masalah postur tubuh yang dapat menyebabkan stagnasi dalam progres bahkan cedera.

Anda Hanya Punya Sedikit Waktu

Jika Anda hanya memiliki waktu 2-3 kali seminggu dan menyukai efisiensi waktu, maka latihan full body adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, hanya dengan waktu seadanya Anda dapat melatih otot secara menyeluruh tanpa harus membagi-bagi bagian otot di hari berikutnya.

Anda harus melakukan split body jika:

Anda ingin melatih resistensi 3-5 kali per minggu

Jika Anda fitness junkie, Anda senang mengangkat beban dan senang melakukannya hampir setiap hari dalam seminggu. Perpecahan bagian tubuh (split body) adalah cara yang bagus untuk memecah kelompok otot selama 3-5 hari dan benar-benar fokus pada 1 atau 2 kelompok otot sekaligus.

Anda hanya fokus pada beberapa kelompok otot setiap latihan

Jika Anda sudah berolahraga sangat lama, Anda dapat memutuskan untuk melatih satu kelompok otot per hari. Dalam latihan split body, Anda akan melakukan 2-6 variasi latihan per kelompok otot tergantung pada otot mana yang dilatih.

Anda telah berolahraga secara konsisten dan disiplin selama lebih dari 3 bulan

Jika Anda telah cukup konsisten selama 3 bulan (artinya konsisten berolahraga setidaknya 4-5 hari / minggu) maka kemungkinan besar Anda memiliki disiplin untuk mulai melakukan latihan split body. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki disiplin ini karena jika tidak, maka berisiko terkena ketidakseimbangan otot akibat latihan yang terlewat.

Seperti yang Anda lihat, tidak ada benar atau salah dengan gaya-gaya ini, ini adalah masalah kecocokan antar masing-masing individu. Beberapa orang sering menggabungkan antara latihan full body dan split body, untuk mendapatkan hasil yang berbeda dari sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.