Manfaat Bunga Rosella

rosella1

Teh Rosella atau Teh Merah, mungkin diantara kita belum banyak yang kenal dan mengetahui tentang tanaman rosella ini, padahal tanaman ini sudah banyak tersebar kemana-mana. Mungkin karena mempunyai nama yang berbeda pada tiap-tiap daerah. Misalnya saja Teh Rosella, Hibis Cus Team Teh Mekkah, Teh Yaman, disebut juga Karkade (arab), Kezeru (Jepang), Merambos Hijau (Jaeng), Asam Kesur (Meranjat), Kesew Jawe ( Pagar Alam ), Asam Jarot (Sp.Padang), Asam Rejang (Muara Enim) dan Hisbiscus Sabdariffa L.(Latin).

Rosella (Hibiscus Sabdariffa Lin) adalah tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Konon tanaman ini berasal dari afrika dan Timur Tengah. Tanaman perdu ini bisa mencapai 3-5 meter tingginya. Jika sudah dewasa, tanaman ini akan mengeluarkan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan biji inilah bermanfaat baik untuk kesehatan.

Menurut DEP.KES.RI.No.SPP.1065/35.15/05 setiap 100 gr rosella mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2. Kandungan vitamin C 3 kali lipat anggur hitam, 9 kali lipat jeruk sitrus, 10 kali lipat lebih besar dari buah belimbing dan 2,5 kali lipat disbanding vitamin C dalam jambu biji (kelutuk), kandungan lainnya adalah KALSIUM 486mg/100gr, omega 3, magnesium, beta karotin, serta asam amino esensial seperti lysine dan agrinine, bunga Rosella juga kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan saluran pencernaan.

rosella-merahJika Anda ingin membuat teh dari bunga Rosella ini, ambil sediktnya sekitar 3-4 kuntum bunga Rosella segar yang sudah dikeringkan, cuci hingga bersih dan belah dua lalu seduh dengan 200 ml air panas, aduk sambil sedikit-sedikt di tekan-tekan kelopak bunganya hingga air berwarna merah, kenudian disaring. Tambahkan 1 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu sajikan selagi hangat.

Bunga rosella juga dapat dijadikan bahan baku selai, warnanya yang merah menyala, menghasilkan selai yang menyehatkan dan berwarna cantik. Anda hanya memerlukan 250 g kuntum bunga rosella, 1 sdm tepung maizena, air 150 ml, gula pasir 150 g, air jeruk lemon / nipis 3 sdm, ¼ sdt vanilla pasta dan ¼ adt garam halus. Cara membuatnya ; Blender bunga rosella dengan air dan tepung maizena hingga halus, angkat, lalu tuang kedalam panci, tambahkan gula dan air. Masak hingga mendidih, masukkan jeruk nipis, pasta vanilla dan garam. Masak hingga tekstur saus mengental. Angkat simpen di dalam toples kedap udara.

Manfaat dari The Rosella ini antara lain :

  • Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh
  • Menormalkan kadar gula darah, asam urat, dan kolestrol dalam tubuh
  • Baik untuk perokok karena dampak mengurangi dampak negative dari nikotin serta dapat membasmi virus TBC dan mengurangi ketergantungan terhadap narkoba serta memecah kanker
  • Mengatasi batuk, sakit tenggorokan, mengobati sariawan.
  • Mengawetkan kehalusan kulit dan mengurangi keriput.
  • Dapat menurunkan berat badan, cocok untuk program diet.
  • Melindungi dari infeksi kuman, anti bakteri, anti virus serta dapat mengobati keracunan.
  • Bagi anak-anak bermanfaat mempercepat pertumbuhan otak, karena engandung OMEGA-3 dan memacu pertumbuhan DHA.
  • Memperbaiki metabolisme tubuh, memperlambat menopause dan tulang kropos/ pengapuran tulang.

Untuk saat ini bunga Rosella memiliki kurang lebih 65 jenis dari hasil perkawinan silang. Selain itu untuk biji benih yang ditanam pun memang benar-benar biji benih pilihan yang harus bisa dan siap ditanam agar menghasilkan Produksi bunga Rosella yang besar, rasa asam, warna yang mengkilap, dan jika dikeringkan tidak merusak warnanya. Ayo kita berburu bunga Rosella! (Dillah/ dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.