Mengapa Harus Konsumsi Asparagus Saat Diet?

Jika Anda gemar mengkonsumsi sayuran, jangan lupa masukan asparagus sebagai salah satu menu sajian sehari-hari. Karena asparagus mengandung vitamin K, A dan C yang tinggi. Selain lezat ternyata sayuran yang satu ini manfaat yang luar biasa bagi tubuh Anda termasuk menurunkan berat badan. Berikut manfaat sehat aspargus untuk tubuh;

Bersifat Diuretik

Manfaat pertama asparagus adalah sebagai diuretik alami yang mampu menghilangkan kelebihan air di dalam tubuh karena kandungan vitamin K yang tinggi. Hal ini tentunya sangat baik untuk memperlancar saluran urin dan menjaga kesehatan ginjal.

Asparagus sangat baik dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan dan menjelang kontes sebagai diuretik alami. Selain itu mengkonsumsi asparagus juga dapat menanggulangi rasa kembung di perut Anda.

Tinggi Akan Serat

Selain sebagai diuretik alami, asparagus juga sumber makanan yang kaya akan serat. Dengan banyaknya kandungan serat, tentunya asparagus sangat baik dikonsumsi saat diet karena membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi serat makanan asparagus dapat mengurangi kolesterol yang memacu terjadinya penyakit jantung.

Dikutip dari sahabatnestle.co.id bahwasanya praktisi gizi dari Amerika, Cheryl Forberg, RD menyebutkan bahwa serat yang ada dalam asparagus dapat membantu penyerapan zat gizi dan kelancaran proses metabolisme dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang mengalami hipertensi, Anda perlu mengkonsumsi asparagus. Dengan kandungan garam yang rendah, sayuran ini sangat baik untuk menjaga tekanan darah. Asparagus juga mengandung kalium yang jika ditingkatkan bersama dengan natrium akan menurunkan tekanan darah.

Di dalam asparagus terkandung senyawa yang disebut 2”-dihydroxy nicotianamine yang membantu mencegah fungsi enzim spesifik yang menyebabkan pembatasan pembuluh darah. Bila pembuluh darah tidak tersumbat, maka resiko meningkatnya tekanan darah akan lebih rendah.

Membantu Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang menderita diabetes, asparagus dapat menjadi obat alami untuk mengontrol gula darah Anda. Seperti sayuran pada umumnya, asparagus membantu memerangi fluktuasi gula darah sehingga mencegah gula darah Anda naik. Sayuran ini juga mengandung kalori dan karbohidrat yang tergolong rendah, serta tidak menaikan indeks glikemik sehingga cocok dikonsumsi saat diet rendah kalori.

Dengan mengkonsumsi asparagus, Anda dapat memperbaiki fungsi sel beta di pankreas yang membantu meningkatkan produksi insulin. Jika tingkat insulin tinggi, tubuh Anda akan mengontrol gula darah Anda dengan baik.

Jadi masih ragu menambahkan asparagus sebagai menu makanan Anda? (Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *