Mengapa tubuh Anda mudah lelah?

1

Oleh: Ayyuni S.

Tubuh Anda mudah lelah saat beraktivitas setiap harinya? Padahal jam istirahat Anda sudah cukup. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Beberapa orang berpikir wajar jika orang dewasa cenderung mudah lelah dibandingkan anak-anak. Namun anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mungkin seiring bertambahnya usia membuat fungsi tubuh Anda menurun, namun dengan berolahraga dan memelihara pola hidup yang sehat, kesehatan organ tubuh tetap terjaga.

Ilmu pengetahuan mengemukakan bahwa tubuh seorang manusa dirancang untuk bertahan selama 120 tahun. Bahkan ada suatu berita tentang seorang wanita Perancis yang meninggal pada usia 122 tahun. Mengapa bisa bertahan selama itu? Jawabannya adalah semakin meningkatnya usia, semakin meningkatnya kualitas tubuh Anda, bukan meningkatnya kuantitas usia Anda.

Berikut penyebab mengapa Anda mudah merasa lelah;

Tidur yang terganggu

2

Salah satu penyebab tubuh Anda mudah lelah adalah tidur yang terputus-putus. Sering kali Anda terbangun dimalam hari entah karena tempat tidur Anda tidak nyaman, suara bising, atau suhu ruangan yang terlalu panas ataupun dingin. Hal ini menyebabkan kualitas tidur Anda terganggu. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol, nikotin dan kafein juga dapat menurunkan kualitas tidur Anda. Tidur malam yang terganggu dapat mempengaruhi kebugaran tubuh Anda di pagi hingga sore hari sehingga Anda akan merasa mudah lelah. Untuk itu jika Anda mudah lelah cobalah untuk memperbaiki kualitas tidur Anda.

Penyakit fisik (cedera)

3

Jika Anda mengalami cedera dan sedang dalam masa penyembuhan, tubuh Anda akan mudah merasa lelah karena tubuh Anda menggunakan cadangan energi untuk membantu menyembuhkan dirinya. Ini adalah hal yang normal dan Anda membutuhkan istirahat yang lebih banyak saat fase penyembuhan.

Terlalu gemuk atau terlalu kurus

4

Orang yang terlalu gemuk (obesitas) cenderung sangat rentan mengalami kelelahan karena tubuh harus bekerja ekstra keras saat melakukan kegiatan sehari-hari. Sementara orang yang terlalu kurus tidak memiliki kekuatan otot yang cukup sehingga mudah merasa lelah saat melakukan kegiatan sehari-hari. Selain itu orang yang kurus biasanya mengkonsumsi makanan dengan total kalori yang lebih sedikit sehingga energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas seharian juga tidak tercukupi. Untuk itu bagi mereka yang terlalu gemuk ataupun kurus disarankan untuk melakukan pola hidup sehat agar berat badan tetap ideal sehingga kondisi mudah lelah bisa diatasi.

Kurangnya gerak

5

Teknologi yang semakin canggih membuat aktivitas Anda menjadi lebih mudah. Bahkan Anda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga. Namun dampak negatifnya adalah aktivitas fisik Anda menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan atrofi otot yakni kondisi dimana otot-otot dalam tubuh menjadi kendur dan berlemak karena tidak digunakan. Begitu juga dengan bentuk tubuh Anda yang kemudian menjadi gemuk karena tumpukan lemak.

Kesimpulan

Tidak dipungkiri bahwa otot mengalami penuaan, namun bukan faktor usia yang menentukan tua atau tidaknya otot, melainkan sering atau tidaknya otot tersebut dilatih. Untuk itu Anda dianjurkan untuk mulai menekuni gaya hidup sehat sejak dini agar kekuatan otot Anda tetap terpelihara dan kondisi tubuh tetap prima dalam beraktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *