Olahraga bikin cerdas?

bigstock_Family_jogging_outdoors_6584577

Apakah olahraga membuat kita bertambah cerdas? Menurut Prof. Dr. John Ratey dari Harvard Medical School di Boston AS, Olahraga dalam banyak hal bisa membantu mengoptimalkan kemampuan otak dalam belajar. Olahraga bisa memperbaiki sirkulasi darah, termasuk pada otak, sehingga dengan demikian otak menjadi lebih mudah bekerja.

Menurutnya olahraga juga meningkatkan metabolisme, menurunkan stres, memperbaiki mood dan konsentrasi. Semua itu membantu otak untuk bekerja dengan lebih baik. “Sel-sel otak menjadi lebih flexible dan lebih siap menerima serta menyimpan informasi” jelasnya. Sejauh ini sudah banyak penelitian tentang pengaruh olahraga terhadap Neuron atau sel saraf. Misalnya, manula yang berolahraga sedikitnya 3 kali dalam seminggu, menjadi 3 kali lebih terhindar dari alzheimer atau kepikunan, dari pada manula yang lebih sedikit berolahraga. Olahraga ringan pun sudah membantu, misalnya jalan kaki.

Olahraga juga membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan stroke. 4 penyakit yang cenderung membuat penderitanya menjadi pikun. Riset juga mengungkap bahwa karyawan yang meluangkan waktu untuk berolahraga disiang hari, rata-rata merasa lebih produktif daripada mereka yang sedikit bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.