Perlukah Melakukan Strength Training?

2

Oleh: Ayyuni S.

Dalam membangun otot, latihan beban menjadi suatu pelatihan penting, dimana hipertropi yang terjadi saat mengangkat beban ditambah dengan protein yang Anda konsumsi dapat meningkatkan massa otot Anda. Namun dibalik menambah massa otot, Anda juga perlu fokus pada strength training atau yang akrab disebut latihan kekuatan. Seberapa pentingkah latihan kekuatan ini?

Dikutip dari sebuah artikel dari The Age Newspaper bahwasanya latihan kekuatan dapat merilis bahan kimia yang disebut dengan myokines, yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan tingkat rendah dalam tubuh dan diduga dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan alzheimer serta dapat pula bekerja sebagai penekan tumor.

Berikut manfaat latihan kekuatan untuk tubuh:

Meningkatkan kekuatan otot Anda

Jika kekuatan otot Anda semakin meningkat, maka semakin kecil resiko sendi-sendi tubuh Anda mengalami cedera. Hal ini juga membantu Anda mempertahankan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, serta terhindar dari beberapa penyakit tulang dan sendi akibat faktor usia.

Menambah stamina

Seiring dengan bertambahnya kekuatan otot, maka begitu juga dengan stamina Anda. Dengan melatih kekuatan Anda tidak akan mudah lelah dalam latihan Anda sehingga Anda dapat melakukan aktivitas Anda dengan maksimal.

Female runner exercising

Menyehatkan jantung

Memiliki otot yang kuat dapat menjaga kesehatan organ dalam tubuh, yakni jantung. Hal ini dikarenakan untuk mendapatkan kualitas otot yang baik dan kuat, kita perlu melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga tersebut, otomatis berefek pada kesehatan jantung Anda.

Meningkatkan kepadatan tulang

Banyak cara untuk menambah kepadatan tulang diantaranya dengan melakukan olahraga dan melakukan latihan beban. Untuk itu dengan melakukan latihan kekuatan, secara otomatis akan menambah kepadatan tulang Anda dan terhindar dari penyakit tulang keropos.

4

Menjaga tubuh tetap ideal

Selain menambah kekuatan otot dan meminimalisir resiko cedera, strength training dapat membakar lemak yang berimbas pada penurunan berat badan. Ada dua cara pembakaran lemak dalam strength training. Pertama, membantu Anda mempertahankan otot yang Anda miliki saat Anda memakan makanan yang rendah kalori sehingga dapat menurunkan berat badan. Kedua, dengan berlatih strength training asupan oksigen kedalam tubuh akan lebih besar daripada latihan aerobik. Saat Anda selesai berlatih dan tubuh melakukan recovery tubuh juga membutuhkan banyak energi, dan beberapa penelitian telah membuktikan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 38 jam kedepan setelah Anda selesai latihan.

Menghilangkan stres dan membuat istirahat Anda berkualitas

Dengan melakukan latihan kekuatan tubuh Anda akan lebih terasa segar karena stamina juga bertambah. Hal ini juga dapat mengatasi stres yang dialami oleh tubuh. Selain itu dengan melakukan strength training istirahat Anda lebih berkualitas dan terhindar dari insomnia.

Banyak sekali bukan manfaat dari strength training. Untuk itu Anda perlu memasukkannya dalam daftar latihan Anda sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *