PILIH MANA, BADAN PANTAI ATAU BINARAGA?

Oke, sebelum membahas dua tipe tubuh ini. Kami ingin meluruskan tipe-tipe yang dimaksud. Tipe pertama, beach body atau badan pantai yang Kami maksud adalah seperti Zac Efron saat memerankan film Baywatch. Sedangkan gambaran tipe kedua seperti pada atlet binaraga pada umumnya.

Tentu tidak ada yang salah dari dua tipe ini. Karena selera orang berbeda-beda. Ada yang ingin mendapatkan tubuh bak penjaga pantai. Adapula yang ingin memiliki tubuh layaknya bianaraga.

Badan Pantai

Untuk membangun tubuh pantai yang menonjol, fokuslah pada area yang sama dengan yang dilakukan atlet bodycontest: bahu, punggung atas, dada, lengan, dan perut. Anda perlu melatih kaki, tentu saja. Meskipun otot kaki Anda akan tertutupi oleh celana pantai.

Dua area yang patut mendapat perhatian khusus adalah perut dan betis. Abs atau perut selalu menjadi titik fokus, jadi pastikan untuk bekerja keras tiga kali seminggu. Paha Anda mungkin sebagian besar tertutup, tetapi betis Anda selalu dipajang. ‘Pukul’ mereka setidaknya dua kali seminggu dengan total 8-10 set per sesi.

Binaragawan

Binaragawan memiliki massa otot lebih besar secara menyeluruh. penampilan fisik yang seimbang dan lengkap jadi satu keharusan. Untuk sampai di sana, Anda harus melatih semua kelompok otot dengan keras, tetapi dalam proporsi yang sama satu sama lain. Anda tidak ingin satu kelompok mengalahkan atau tertinggal di belakang yang lain.

Rentang Repetisi

Badan Pantai

Karena Anda tidak mengejar massa otot, maka tidak perlu berlatih dengan beban yang sangat berat. Sebaliknya, pertahankan resistensi dan repetisi lebih moderat. Berlatihlah pada rentang set 12-15 repetisi untuk latihan tubuh bagian atas dan 12-20 untuk latihan tubuh bagian bawah.

Binaragawan

Merangsang hipertrofi sebanyak mungkin membutuhkan campuran rentang rep. Pada tahap awal latihan, pertahankan repetisi Anda sedikit lebih rendah untuk membangun kekuatan dan ukuran. Itu berarti 6-10 repetisi untuk tubuh bagian atas dan 8-12 untuk tubuh bagian bawah.

Setelah membangun massa yang layak, mulailah memvariasikan rentang repetisi.

Jenis Latihan

Badan Pantai

Gerakan gabungan (compound) sangat bagus, apa pun tujuannya, karena memungkinkan untuk melatih beberapa kelompok otot sekaligus. Lakukan squat, deadlift, bench press, barbell bar, dan press militer.

Jika Anda ingin otot delts yang lebih lebar, lakukan gerakan lateral dengan dumbbell, mesin, atau kabel. Ingin otot Punggung atas yang lebih luas ? lakukan lat pull-down. Sedangkan untuk melatih otot perut, lakukan crunches sebanyak-banyakanya.

Binaragawan

Binaragawan membutuhkan campuran gerakan compound dan gerakan isolasi untuk mengembangkan setiap kelompok otot. Untuk membangun otot bahu, lakukan penggabungan antara gerakan compound dan isolasi seperti melakukan gerakan overhead barbell kemudian diiringi dengan lateral raise.

Intinya, setiap bagian otot yang dilatih, harus menggabungkan antara gerakan compound dan isolasi. Gunanya adalah untuk lebih memfokuskan pada bagian otot yang dilatih.

Jadi Reps Mania, itulah beberapa cara untuk mendapatkan dua tipe tubuh yang diinginkan. Semua kembali pada keinginan masing-masing ingin memiliki tipe tubuh yang mana. STAY WORKOUT!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.