Pilih-pilih Coklatmu

Groovyfoody

“COKLAT” kata yang sering kali kita dengar dan selalu saja diidentikkan denga cinta. Alasan mengapa banyak orang menganggap coklat sebagai makanan cinta karena coklat memiliki tekstur yang lembut dan akan lumer secara perlahan saat dikulum dalam mulut. Sehingga hal ini memberikan kesan sensual bagi mereka yang memakannya. Tak hanya itu coklat pun dapat memberikan efek nyaman, rileks dan meningkatkan gairah seksual.

Pada edisi valentine kali ini Reps akan ulas fakta seputar coklat yang perlu Reps mania ketahui, sehingga Anda tak perlu ragu untuk menghadiahkan coklat bagi si dia, sang tersayang:

  • Di dalam coklat terkandung phenylethylamine yang berfungsi membantu penyerapan dalam otak dan menghasilkan dopamine yang akan menyebabkan perasaan gembira, meningkatkan rasa tertarik dan menimbulkan perasaan jatuh cinta. Alasan inilah yang membuat coklat sering diberikan sebagai hadiah tanda cinta.
  • Coklat juga mengandung ratusan zat yang memungkinkan terjadinya reaksi kimia di otak. Zat-zat inilah yang nantinya akan merangsang aktifnya serotonin pada otak yang selanjutnya memicu perasaan nyaman pada seseorang, yang tentu saja dapat dimanfaatkan untuk menghalau stres.
  • Zat terbanyak yang terkandung dalam sebuah coklat adalah theobromine yang dapat menstimulasi jaringan syaraf dan jantung yang membuat seseorang tetap terjaga dan bersemangat. Manfaat lain dari theobromine adalah dapat meredakan batuk.
  • Adapun efek psikologis yang terjadi saat menikmati sebuah coklat, dikarenakan titik leleh lemak kokoa terletak sedikit di bawah suhu normal tubuh manusia. Sehingga lelehnya coklat didalam mulut meningkatkan aktivitas otak dan debaran jantung. 
  • Coklat dengan kandungan kakao yang melebihi 70%, kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Dengan demikian coklat mampu menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang sering dianggap sebagai sumber antioksidan. Fenol sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga mampu mengurangi resiko serangan jantung dan juga berguna untuk mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa coklat dapat menghambat pembelahan sel kanker dan bahkan dapat mengurangi peradangan.
  • Pada coklat berkualitas tinggi, kandungan lemaknya terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah.
  • Beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh juga terkandung di dalam sebuah coklat seperti vitamin A, B1, C, D dan E. Coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium.
  • Biji coklat merupakan sumber magnesium alami yang tinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan bagi wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Mengkonsumsi coklat akan meningkatkan kadar progesteron pada wanita sehingga dapat mengurangi efek negatif dari PMS.
  • Menurut para ilmuan, coklat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko penyakit jantung dan menghilangkan capek.
  • Coklat juga bermanfaat untuk kecantikan, karena katekin dan antioksidan yang terkandung di dalamnya mencegah penuaan dini. Lulur coklat dipercaya sangat baik untuk kecantikan kulit. Mengkonsumsi coklat secara teratur dapat mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.
  • Sebuah penelitian di Belanda yang diikuti 200 pria di atas 20 tahun bahkan menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi coklat dalam jumlah besar, baik berupa susu coklat maupun dark coklat, hidup lebih lama dan telah menurunkan tingkat penyakit keseluruhan daripada pria yang makan coklat dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

Nah sekarang Reps mania sudah banyak tahu kan akan manfaat coklat, namun tetap perlu diingat bahwa dengan segudang manfaat ini, tidak berarti Anda dapat memilih coklat secara sembarangan. Pilih-pilih dulu coklatmu, yang pertama jangan memilih coklat “bermerk” yang murah atau sangat murah karena kandungan kakaonya rata-rata kurang dari 20% bahkan ada yang kurang dari 7%. Coklat jenis ini memiliki kandungan gula dan lemak jenuh yang tinggi serta keburukan lainnya seperti minyak sayur terhidrogenasi (HVO) yang dapat mengakibatkan kerusakan gigi dan gangguan kesehatan lain seperti diabetes.

Produk coklat lain yang juga berbahaya dan buruk untuk kesehatan adalah yang berupa fondant (biasanya untuk mendekorasi kue) dan praline. Fondant sebenarnya mengandung 100% pemanis dan praline juga sama buruknya.

Bila Anda berniat memberikan hadiah coklat bagi orang yang Anda sayangi, pilihlah coklat dengan kategori coklat sehat, karena menurut American Dietetic Association, semakin murni coklat yang kita konsumsi maka akan semakin besar keuntungan yang kita peroleh seperti  Contohnya yaitu cocoa powder atau coklat dengan category berikut ini:

Chocolate StackDark Chocolate, memiliki kandungan biji coklat (kakao) yang paling tinggi minimal 70%, tanpa banyak gula dan tanpa lemak jenuh atau minyak sayur terhidrogenasi (HVO). Pada sepotong coklat hitam mengandung 110-120 kalori atau tidak sampai separuh dari jumlah kalori yang terkandung pada sebatang coklat susu. Adapun pengembangan dari makanan berbahan dasar coklat diantaranya :

  • Frozen yogurt, ½ cangkir yogurt coklat yang didinginkan mengandung 100 kalori, tak ada salahnya jika ditambahkan potongan strawberry segar.
  • Chocolate popsicles, Anda dapat memilih coklat popsicles rendah lemak yang memiliki kandungan 120 kalori.
  • Chocolate puddings, sepotong puding coklat hanya mengandung 120 kalori.
  • Hot chocolate, secangkir coklat panas terdiri dari 6 sendok susu krim (68 kalori), ½ sendok cocoa (10 kalori), ½ sendok gula (24 kalori).
  • Old-fashioned chocolate “ice cream” floats. Float yang terdiri dari ½ cangkir coklat rendah lemak dan diet soda sesuai pilihan Anda (110 kalori).
  • Pure chocolate, sebatang coklat murni atau kemasan 7 gr memiliki 36 kalori.
  • Chocolate chips, coklat chips mengandung 54 kalori.
  • Chocolate jimmies, coklat jimmies mengandung 20 kalori.
  • Chocolate syrup. sirup coklat mengandung 50 kalori tiap sendoknya.

coklat-putih

White Chocolate, memiliki kandungan kakao hanya 33%. Sisanya adalah gula, susu dan vanila. Kandungan gula inilah yang dapat memberikan efek negatif seperti kerusakan gigi dan penyakit diabetes.

tesco-turkish-delight-2

Milk Chocolate (coklat susu), merupakan campuran kakao dengan susu ditambah gula. Coklat jenis ini juga sangat digemari karena rasanya yang nikmat.

Walau demikian, penambahan bahan-bahan pemanis dan penambah kaya rasa, seperti gula, susu, dan mentega memang dapat menyebabkan coklat memberikan efek kurang baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini harus diperhatikan saat anda membeli Chocolate Souvenir  atau berbelanja di toko coklat.

Jadi, masih memilih untuk melewatkan manfaat coklat ini? Karena mudah saja jika ingin menikmati coklat, makanlah coklat tetapi dengan memilih coklat murni atau dark coklat. Tentunya dalam takaran yang wajar, agar tetap cantik dan awet muda dan terhindar dari berbagai penyakit.(Dini A/dari berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *