Plank Vs Crunch: Mana yang Harus Anda Lakukan?

Jadi, latihan apa yang harus Anda lakukan untuk membangun otot ab? Plank atau crunch? Jawabannya adalah tergantung pada tujuan yang ingin dicapai.

Jika tujuan Anda adalah untuk membangun stabilitas lebih, maka plank merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Namun, jika tujuan Anda adalah untuk membangun set abs yang lebih ketat, maka variasi crunch bisa lebih bermanfaat. Itu tidak berarti Anda tidak dapat memasukkan kedua latihan tersebut ke dalam rutinitas latihan sehari-hari.

Scott Herman, atlet BSN kerap menggabungkan kedua latihan tersebut ke dalam rutinitasnya. Scott kerap melakukan latihan crunch terlebih dahulu ketimbang melakukan plank di awal latihan. Hal tersebut bukan tanpa alasan.

“Jika saya melakukan crunch di awal latihan, dapat membuat otot perut saya berkontraksi sehingga melakukan plank setelahnya dapat menjadi tantangan,” kata Scott.

Scott menganggap latihan plank cukup mudah dan bisa dilakukan selama 5 menit jika ototnya relatif segar. Tapi, jika melakukan plank setelah crunch itu akan membuat 5 menit lebih intens dan mungkin harus mengurangi jumlah waktu saat melakukan plank.

Dengan demikian, melakukan ab crunches di awal program diikuti oleh plank adalah cara yang baik untuk memanfaatkan waktu di gym sembari membangun otot abs yang kuat dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.