Prenatal Yoga Bantu Proses Persalinan Lebih Nyaman

Dewasa ini olahraga prenatal yoga kerap di gandrungi oleh ibu-ibu hamil. Pasalnya prenatal yoga dapat membantu proses persalinan menjadi lebih nyaman. Namun yang jadi pertanyaan apakah sama antara yoga dan prenatal yoga?

“Jelas ada perbedaan antara yoga umum dengan prenatal yoga. Prenatal yoga itu adalah yoga umum yang dilakukan oleh ibu hamil dan sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Jadi setiap gerakan yoga umum belum tentu bisa diterapkan oleh ibu hamil kecuali jika sang ibu sebelumnya sudah pernah melakukan yoga,” terang Yuliana Febrianti, S. Tr.Keb., S.H, pemilik Rumah Puspa sekaligus Trainer Prenatal Yoga, Bekasi, (18/2).

Lebih lanjut, bidan Yuli mengatakan bahwa terdapat perbedaan waktu yang aman dilakukan sang ibu jika ingin melakukan prenatal yoga. Ibu hamil yang sudah yogis sebelumnya tentu berbeda dengan yang awam.

“jika sang ibu sudah sering melakukan yoga sebelumnya, kapan pun si ibu ingin lakukan tidak masalah . tapi jika sebelumnya belum pernah melakukan yoga, sebaiknya lakukan di minggu ke 16 atau tidak ada keluhan di atas 16 minggu,” ujar Bidan Yuli.

Adapun hal yang perlu diperhatikan saat melakukan prenatal yoga kata Ia, Pertama, misalnya ibu hamilnya sehat maka usia kehamilan di atas 16 minggu sudah diperbolehkan ikut prenatal yoga.

“Kedua, tidak ada keluhan seperti mual, pusing, dan tekanan darah tinggi. Jika itu terjadi sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter ataupun bidan sebelum melakukan prenatal yoga,” tambahnya.

Kenapa ibu hamil harus melakukan yoga? karena itu baik untuk kesehatan ibu dan janin selain itu, di prenatal yoga dapat membangun hubungan antara ibu dan bayi mencakup komunikasi, dan meditasi.

“Harapan ke depannya prenatal yoga dapat diterima semua kalangan bukan hanya orang berduit saja,” tutup Bidan Yuli.

Penting untuk diketahui bahwa di Rumah Puspa sebulan sekali mengadakan prenatal yoga gratis. Lokasinya berada di Ruko Sentra Niaga Kalimas Blok B31, Jl. Raya Inspeksi Kalimalang, Tambun Selatan atau bisa kunjungi website resminya disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *