Saatnya Programkan Diet Anda Sekarang!

DSC_0247 resize

Di awal tahun 2017, sejauh manakah Anda mengetahui perkembangan diet yang sudah dilakukan selama ini? apakah menu diet Anda sudah cukup berkualitas tanpa mengganggu kocek pribadi? jika semuanya belum dapat terpenuhi, maka berbagai perombakan seperti program diet, pemilihan menu kebutuhan diet, hingga pengaturan anggaran pun perlu diberlakukan.

Penurunan berat badan melalui program diet adalah strategi pilihan yang tepat selain berkardio. Akan tetapi, cukup efisienkah program diet yang Anda jalani selama ini? Jangan sampai Anda salah melakukan program yang tidak tepat sasaran, perlu adanya perencanaan tepat untuk menghasilkan “goal” yang diinginkan adalah tugas yang semestinya diupayakan para fitness mania. Begitupun dengan program diet yang dijalani, jika Anda menjalaninya tidak berdisplin tentu hasilnya akan menjadi sia-sia. Maka dipermulaan tahun 2016 ini, Reps akan mengajak Anda untuk lebih bijak didalam mengelola, merencanakan, serta mengambil keputusan terbaik bagi program penurunan berat badan Anda.

Berikut beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan penurunan berat badan agar berjalan sukses dan optimal:

1. Belajar dari program diet yang sebelumnya

Apakah Anda mengalami kegagalan saat menjalani program diet di masa lalu? mengapa mengalami kegagalan tersebut? apakah motivasi yang membangun diri Anda untuk menjalani program diet cukup berhasil? kegagalan saat menjalani diet bukanlah semata-mata disebabkan kesalahan pada diri sendiri, pengaruh dari luar pun turut mempengaruhi konsistensi untuk tetap melakukan diet ataupun harus menghentikanya. Intinya semua kembali pada motivasi yang membangkitkan diri sendiri.

Tidak hanya berbekal pada motivasi dan keyakinan saja diet akan berlangsung sukses, belajar dari kegagalan masa lalu pun cukup berperan penting dalam mencari point apa saja yang menurutnya kurang dan perlu diperbaiki. Berkaca pada kegagalan yang telah lalu merupakan upaya terbaik sebagai batu loncatan agar lebih memahami kekurangan yang dimiliki. Memang secara umumnya faktor penyebab kegagalan orang melakukan diet terdapat pada diri sendiri yang menjalani, maupun keadaan luar yang mempengaruhinya. Disinilah konsistensi seseorang mulai teruji.

2.Pertimbangkan anggaran.

Setiap individu pada umumnya selalu berpendapat, bahwa seseorang yang menjalani program diet tentunya akan menghemat anggaran biaya untuk menu makan sehari-hari. Dasar pemikiran tersebut tidaklah sesuai dengan kenyataan sesungguhnya, mungkin segelintir orang saja yang membenarkan tentang hal itu. Sudah semestinya program diet akan menghabiskan anggaran dana yang tidak sedikit, karena tidak hanya menu makanan diet saja yang perlu untuk dibelanjakan, berbagai suplementasi seperti fat burner pun turut andil dalam menyukseskan program diet Anda.

Untuk menghindari melonjaknya budget Anda saat memilih menu kebutuhan diet, maka perhatikanlah berbagai menu makanan yang sekiranya cukup akan gizi yang terkandung dan juga tidaklah terlalu mahal. Pelajarilah berbagai kandungan nutrisi dari berbagai sumber informasi kesehatan, agar lebih tepat dan akurat dalam memilih bahan makanan yang akan Anda belanjakan.

Suplementasi atau biasa diartikan sebagai secondary food adalah tambahan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melengkapi berbagai kandungan nutrisi yang tidak ditemukan pada makanan. Untuk menentukan suplemen fat burner ataupun pre-workout yang dapat membangun endurance dengan pembakaran lemak tinggi saat berlatih, maka amatilah komposisi yang tertera dibelakang label suplemen tersebut. Kemudian sesuaikan budget Anda dengan harga supplement yang akan Anda pilih, utamakan manfaat yang dibutuhkan agar hasil menjadi lebih maksimal.

3. Atur jadwal diet

Untuk menurunkan berat badan, banyak persiapan dilakukan seseorang demi mewujudkan hasrat memiliki tubuh yang ideal. Jadwal diet yang begitu ketat kerap kali membuat orang yang menjalaninya menjadi kewalahan, jenuh dan bahkan cenderung jatuh sakit bagi mereka yang mengaplikasikan diet dengan cara tidak makan sama sekali. Padahal kunci kesuksesan menjalani diet bukanlah dengan cara menahan lapar, akan tetapi memperbaiki pola makan dan  menghilangkan porsi asupan lemak yang berlebih dengan tetap memperhatikan kandungan nutrisi yang layak untuk dikonsumsi.

Mengatur jadwal diet tidaklah terbilang sulit, intinya Anda mau mendisiplinkan diri untuk menjalaninya tanpa ada keluhan apapun. Strategi yang baik adalah jika Anda memprogramkan diet Anda dikelola mulai bangun tidur hingga Anda tidur kembali, begitu pula dalam satu hari hingga menuju satu minggu dengan pola waktu kegiatan yang rutin. Fakta dibalik kesuksesan orang yang menjalani diet tertuju pada penempatan displin waktu yang tepat hingga konsistensi saat melakukanya.

Berikut contoh pengaturan jadwal diet singkat yang dapat anda kembangkan kembali:

Pagi: 07.00 : 2 butir telur yang diorak-arik dengan daging yang sudah dicacah tanpa disertai minyak. Studi Gizi Purdue University mengemukakan bahwa sarapan  kaya akan tinggi protein dapat membuat orang merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi resiko makan .

Pagi: 10.00 : Mengkonsumsi cemilan dengan tinggi protein seperti roti gandum yang diperpadukan dengan 2 dada ayam. Menurut studi yang ditelah dikemukakan oleh Georgia State University, bahwa atlet yang mengkonsumsi cemilan dengan porsi 250 kalori dalam sehari memungkinkan dirinya untuk kehilangan lemak dalam tubuh dengan perolehan energi yang lebih banyak.

Siang: 13.00 : Disiang hari sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium yaitu mineral yang mudah diserap menjadi metabolisme, seperti: sayur-sayuran dan ikan.

Sore: 16.00 : Snack sore minuman teh hijau sangat bermanfaat untuk membakar lemak, karena kadar katekin dalam teh hijau dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan juga bisa ditambah dengan snack ringan yang pedas, guna membakar kalori.

Malam: 19.00 : Di malam hari hindarilah jenis makanan yang mengandung tinggi karbohidrat maupun lemak, untuk mengantisipasi kelebihan kalori yang menimbun menjadi lemak. Dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai buah-buahan, seperti apel, pear, melon dan lain sebagainya.

4. Ketahuilah perkembangannya.

Inilah point terpenting yang sangat Anda perlu perhatikan, jika mengabaikan hal ini tentunya Anda tidak akan mendapat pengaruh hasil apa-apa, apakah diet itu berhasil ataupun tidak? Mengetahui progress diet tentunya sudah menjadi pembahasan utama untuk mengetahui sejauh mana diet yang dijalani memberikan hasil. Secara mudahnya jika ingin mengetahui perkembangan diet tersebut, yaitu dengan memperhatikan berbagai titik tempat menimbunnya lemak pada tubuh, seperti: paha, lengan, dan yang paling termudah bagian perut bawah. Jika semunya masih menebal tentu timbunan lemak tersebut belum berkurang secara maksimal, dengan artian diet Anda masih mengalami kegagalan. Dan berarti pola latihan maupun diet Anda perlu ada yang dibenahi, mengapa sudah berolahraga dan melakukan diet tapi tidak memberikan hasil apapun.

Berikut tips yang harus Anda lakukan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan diet selama ini:

  1. Timbanglah berat badan badan.
  2. Ukur lingkar lengan, lingkar perut atas, lingkar perut bawah, dan lingkar paha setiap dua minggu sekali.
  3. Berkacalah ke cermin, lihat bagian mana yang menurut anda masih dirasa kurang.

 5. Perlunya dukungan.

Jika Anda memiliki seorang dokter ahli gizi, personal trainer,  maupun seorang konsultan ahli nutrisi yang berkompeten dibidang nutrisi, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi kepada mereka untuk merancang serta menentukan langkah terbaik agar diet berjalan sukses. Hal seperti ini tidaklah diwajibkan bagi mereka yang memiliki program fat loss, hanya bagi mereka saja yang membutuhkan peran pembantu untuk mendukung keinginan memiliki tubuh ideal.

Dengan adanya peran pendukung tersebut, kiranya diet Anda akan lebih tersusun rapih dan terkontrol secara rutin tanpa Anda harus memusingkan berbagai hal yang berkaitan dengan diet itu sendiri. Namun, dengan adanya pendukung ahli tersebut tentunya Anda harus mengeluarkan kocek lebih dalam guna membayar jasa profesi yang mereka miliki, dan ini bisa menjadi pertimbangan Anda kembali untuk menggunakan jasa mereka sebagai pendukung target, jika Anda tidak merasa terbebani sah-sah saja menggunakan jasa mereka untuk memotivasi diri agar lebih tepat target.

Kesuksesan menjalani diet tentunya harus dilakukan secara realistis dan berdisiplin. Kita semua tahu begitu banyak program pelangsingan tubuh maupun cutting sekalipun  dihadirkan saat kita memutuskan menjalani diet, pastinya Anda akan selalu dibuat pusing dengan beberapa pilihan tersebut. Seperti halnya dengan program suplementasi yang menjanjikan penurunan berat badan cepat tanpa adanya rasa lapar serta tingkat pembakaran lemak yang tinggi saat berolahraga. Hal-hal seperti ini seharusnya tidak mempengaruhi penilaian Anda untuk memilih planning diet terbaik . (Alfian/dari beberapa sumber. foto : Bimo, Model : Theo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.