Seberapa Pentingkah Konsumsi Serat Dalam Membangun Otot?

Serat adalah jenis karbohidrat resistan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam dunia binaraga, serat jarang dibahas karena dianggap tidak cukup penting dibandingkan protein dan lemak. Selain itu, diet rendah karbohidrat lebih diminati dibandingkan diet rendah lemak.

Nyatanya, peran serat sangat penting bagi Anda yang sedang membangun otot. Meski manfaatnya tidak secara langsung terjadi pada pertumbuhan otot, namun bagi kinerja tubuh secara keseluruhan sangatlah besar.

Berikut manfaat serat untuk Anda yang sedang membangun otot.

Mengontrol nafsu makan dan rasa kenyang

Mengonsumsi makanan berserat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Penelitian menyebutkan bahwa serat lambat dicerna, sehingga dapat menekan nafsu makan yang berlebihan.

Ketika mulai beralih pada diet sehat, sering kali kita mengidam makanan manis atau makanan tidak sehat yang biasa dikonsumsi. Dengan mengonsumsi makanan berserat, perut akan terasa lebih penuh dan mencegah Anda konsumsi makanan yang merusak diet Anda.

Mengontrol insulin

Bagi Anda yang sedang membangun otot, menjaga kadar insulin tetap stabil adalah hal yang penting. Mengapa? Karena kadar insulin yang tinggi dapat menyebabkan tubuh menyimpan glukosa dan lemak.

Dengan mengonsumsi serat, Anda dapat memperlambat laju penyerapan karbohidrat dan gula dalam aliran darah, serta mencegah lonjakan insulin juga membantu sensitivitas insulin secara keseluruhan. Dengan manfaatnya ini, makanan berserat kerap dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi menemukan manfaat serat pada kesehatan pencernaan, yakni untuk berkembangnya bakteri baik dalam usus, sehingga dikaitkan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang sedang membangun otot. Sistem kekebalan tubuh yang kuat membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu jumlah bakteri baik yang meningkat mampu mengurangi peradangan dan mendukung pemulihan otot.

Baca juga: Penyebab lemahnya sistem imun

Mencegah gangguan pencernaan

Terlalu banyak konsumsi makanan berprotein dan berlemak dapat mempengaruhi pencernaan Anda. Apalagi dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan otot. Hal ini dikarenakan protein lebih sukar dicerna dibandingkan karbohidrat.

Dengan konsumsi makanan berserat, ampas dari makanan yang dicerna dan harus dibuang akan menjadi lebih lunak, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Sumber serat

Banyak sekali sumber serat dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti oatmeal, gandum, nasi merah, quinoa, dll. Meski makanan tersebut adalah karbohidrat, mereka adalah jenis karbohidrat kompleks, sehingga tidak meningkatkan insulin.

Selain dari biji-bijian, Anda juga bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran, seperti pir, plum, alpukat, bayam, kubis, serta kacang-kacangan.

Dosis serat harian

Meski sudah makan makanan tinggi serat, Anda harus memenuhi kebutuhan serat harian, yakni sekitar 25-30 gram dari total makanan harian, bukan suplemen. Ini sangat membantu tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pencernaan, lonjakan insulin, dan obesitas.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *