Tetap makan enak dengan diet IIFYM

4

Oleh: Ayyuni S.

Bagi sebagian orang, diet adalah suatu kewajiban, bahkan pola makan yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh ini kerap kali dijadikan gaya hidup yang memang memberikan manfaat besar. Untuk orang awam, diet sendiri cenderung mengurangi porsi makanan yang dikonsumsi setiap harinya, padahal definisi sebenarnya adalah dengan mengatur nutrisi yang masuk kedalam tubuh serta menghindari kandungan yang justru merugikan tubuh.

Kali ini Reps akan membahas tentang IIFYM “If It Fits Your Macros” yakni suatu pengaturan pola makan yang tidak terlalu fokus pada makanan yang Anda konsumsi, tetapi lebih berfokus pada total pemenuhan nutrisi harian setiap harinya dari kebutuhan makronutrien. Pengaturan pola makan ini sangat cocok untuk Anda yang tetap ingin makan enak namun berat badan dan kesehatan tubuh Anda tetap terjaga.

Apa itu IIFYM?

2

Prinsip utama dalam pengaturan pola makan ini adalah “calories in, calories out”. Untuk itu Anda harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan kalori harian Anda. Pada diet IIFYM Anda diperbolehkan makan apapun dengan catatan kebutuhan makronutrien Anda terpenuhi. Tidak kurang dan tidak juga lebih. Hal ini berarti Anda juga harus memperhatikan total kalori setiap makanan agar kalori yang Anda konsumsi tidak berlebihan.

Poin sederhana dalam diet IIFYM adalah:

  • Mengetahui berapa kebutuhan kalori Anda,
  • Makan 10-20% lebih sedikit dari kebutuhan kalori harian,
  • Memisahkan antara lemak, protein dan karbohidrat (dengan kebutuhan air dan serat yang cukup)

Bagaimana dengan kebutuhan mikronutrien? Dalam pemenuhan kebutuhan makro, biasanya makanan/minuman tersebut sudah mengandung vitamin dan mineral sekaligus. Jadi secara tidak langsung dengan memenuhi kebutuhan makronutrien, kebutuhan mikronutrien pun tercukupi. Untuk mempermudah penghitungan kalori makanan yang akan Anda konsumsi, Anda dapat mendownload aplikasi kalkulator IIFYM di website resmi IIFYM.

Apa keuntungan dan kerugian diet ini?

Woman with Healthy and Unhealthy Food. Difficult choice. Overweight Concept

Dalam prakteknya, IIFYM tidaklah semudah yang Anda pikirkan. Namun juga tidak sesulit dan serumit kelihatannya. Anda diharuskan disiplin dan konsisten dengan ketentuan yang telah ditentukan. Meskipun Anda diperbolehkan mengkonsumsi makanan apa saja, Anda perlu mengontrol diri Anda agar mengkonsumsinya dengan batas yang telah ditentukan dan memperhatikan zat gizi makro yang ada didalamnya.

Kebanyakan mereka memilih diet IIFYM lantaran tidak ada batasan makanan sehingga melupakan sisi konsisten dan kedisiplinan. Ada pula yang melakukan saving calories yakni dengan mengkonsumsi sedikit kalori agar keesokan harinya dapat mengkonsumsi kalori lebih banyak. Padahal cara ini salah, karena tubuh menyimpan kelebihan asupan kalori di keesokan harinya sebagai lemak jika tidak digunakan untuk beraktivitas. Selain itu jumlah kalori yang rendah akan membuat Anda mudah merasa lelah.

Dibalik nikmatnya mengkonsumsi makanan bebas saat diet, ada beberapa kekurangan, diantaranya jika Anda mengkonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah banyak akan menimbulkan lonjakan gula darah, sehingga menyebabkan diabetes. Untuk itu Anda juga disarankan untuk memilah dengan bijak makanan yang sekiranya aman untuk tubuh.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba pengaturan pola makan ini? Sebelum Anda mencobanya, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *