Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Latihan

Pernahkah Anda berpikir apakah kualitas latihan yang baru saja Anda lakukan sudah cukup? Atau hanya sekedar latihan capek-capek tanpa tahu hasilnya?

Nyatanya semakin terbiasa berlatih beban, perlahan Anda akan lupa memperhatikan kualitas latihan. Akibatnya latihan yang Anda lakukan tidak akan maksimal dan langkah Anda mencapai goal akan semakin lambat. Lalu bagaimana solusinya?

Berikut hal-hal yang dapat membuat setiap sesi latihan Anda menjadi lebih berkualitas.

Penuhi nutrisi, hidrasi, dan istirahat dengan baik

Apa yang Anda lakukan setelah latihan hari ini, akan berpengaruh pada sesi latihan berikutnya. Makanan yang Anda makan, cairan yang cukup untuk menghidrasi tubuh, juga istirahat yang baik untuk pemulihan tubuh.

Untuk itu pastikan ketiga hal ini terpenuhi dengan baik agar kualitas latihan di sesi selanjutnya juga lebih baik.

Tetapkan tujuan khusus

Datang ke gym tanpa memiliki tujuan khusus tentu saja hanya membuang-buang waktu. Bagaimana Anda bisa berlatih dengan keras dan semangat tinggi jika Anda tidak tahu apa tujuan Anda berlatih.

Untuk mendapatkan kualitas latihan yang baik, Anda perlu menetapkan tujuan Anda, seperti misalnya menambah berat badan dan menambah otot, atau bahkan sebaliknya. Dengan begitu Anda akan tahu program mana yang perlu Anda ikuti.

Segala sesuatunya harus terorganisir dengan baik. Bila perlu Anda bisa menyewa pelatih pribadi untuk membantu Anda memilih program dan mengatur jadwal latihan yang baik.

Dengan memiliki goal setiap sesinya, Anda akan lebih mudah mencapai latihan yang lebih berkualitas.

Mengonsumsi suplemen pre-workout

Latihan dengan cara memaksakan diri, tidak akan membuat Anda mendapatkan banyak otot. Untuk itu Anda perlu mengonsumsi suplemen pre-workout yang dapat meningkatkan energi dan daya tahan latihan.

Generasi terdahulu menggunakan kopi sebagai minuman peningkat energi. Namun kini suplemen pre-workout dapat dengan mudah Anda temukan di toko resmi. Pastikan untuk memperhatikan komposisi dan izin edar sebelum memutuskan untuk membelinya.

Baca juga: 5 suplemen pembangun energi dan daya tahan latihan Anda.

Cari partner latihan

Motivasi tidak selalu ada setiap saat, ada kalanya Anda merasa bosan latihan dan bahkan malas berlatih. Memiliki partner/rival latihan dapat membuat Anda lebih bersemangat berlatih.

Mereka bisa menjadi tempat berbagi informasi, sebagai saingan dalam mencapai goal, sehingga tidak ada istilah bagi latihan yang tidak berkualitas setiap hari.

Gunakan perlengkapan latihan yang Anda sukai

Meski tidak berpengaruh secara langsung, menggunakan kaos, celana, dan sepatu yang Anda sukai dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membuat mood Anda menjadi lebih baik.

Sebuah studi menemukan bahwa pakaian secara sistematis dapat mempengaruhi proses psikologis pemakainya. Untuk itu jangan lupa gunakan pakaian latihan terbaik Anda sebelum berangkat latihan.

Berlatih dengan musik yang tepat

Tidak hanya penampilan, musik juga dapat membuat latihan Anda menjadi berkualitas karena dapat mengatur suasana hati. Terkadang musik di gym tidak menggambarkan semangat Anda untuk latihan. Untuk itu, buatlah playlist Anda sendiri sebelum memulai latihan Anda.

Hadiri kompetisi otot

Melihat poster di gym, atau foto atlet binaraga di media fitness mungkin dapat memotivasi Anda. Namun melihatnya secara langsung dalam ajang kompetisi sangatlah berbeda. Anda bisa lebih termotivasi oleh mereka yang berdiri di atas panggung kompetisi. Dan mungkin Anda berharap dapat menjadi bagian dari mereka.

Dengan motivasi yang tinggi, tidak menutup kemungkinan Anda bisa berada di titik yang sama. Untuk itu, jangan pernah menyerah dan tingkatkan selalu kualitas latihan Anda.

(Ayu/Berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *