Total Body Resistance Exercise “All Time All Core”

A group of people doing suspension training at the gym.

Apakah REPS Mania merasa bosan dengan latihan yang itu-itu saja? Lalu, tahukah REPS Mania bahwa ada model alat dan program exercise baru? Ditengah kebosanan para pecinta fitness kini hadir model latihan baru yang hanya menggunakan tali dan berat badan beserta gaya gravitasi sebagai bobot latihan. Ribuan gerakan exercise dapat dilakukan, termasuk weight training dan kardio dengan menggunakan alat ini. Secara eksklusif dibutuhkan pelatihan khusus untuk para instruktur agar dapat mengajar dan membantu para fitness mania dalam menjalankan program latihan ini.

Perkembangan dunia fitness ataupun kebugaran sepertinya tidak bisa disangkal dan dibendung lagi. Kemajuannya terus meningkat baik dari sisi industri, teknologi, pengetahuan, bahkan alat dan program latihannya, yang tidak lagi melulu seperti itu-itu saja. Kini hadir dan mungkin kedepan akan marak menjadi sebuah trend baru dalam kebutuhan exercise REPS Mania. Total Body Resistance Exercise (TRX), merupakan program ataupun jenis latihan baru yang menjadikan berat badan sebagai bobot latihan. Latihan ataupun alat ini pertama kali diciptakan dengan maksud agar para tentara Amerika dapat tetap melatih endurance dan stamina mereka dimedan perang. Agar performanya tetap sigap dan tidak kendur, walau kebanyakan dari mereka hanya menunggu perintah saja di daerah konflik sampai adanya instruksi untuk “bergerak”.

trx-fitness-band

Total Body Resistance Exercise adalah sebuah program latihan kebugaran yang menganut suspension training sebagai pedomannya. Dalam kondisi yang baru dan mungkin saat ini masih satu-satunya (terutama di tanah air), Fitness Anywhere Inc. segera mempatenkan Total Body Resistance Exercise yang disingkat menjadi TRX sebagai nama alat atau brand. TRX Suspension Training adalah pioneer ataupun pelopor alat kebugaran yang menggunakan berat badan dan gravitasi sebagai materi latihan.

Suspension Training History

casestudy-spartan-01

Melatih kekuatan dengan memanfaatkan berat badan sebagai materi latihan, sebenarnya sudah mewabah sejak 150 tahun yang lalu. Sebelum suspension training merambah seperti saat ini dengan TRX-nya, jauh sebelum itu para akrobatik dan pesenam sudah lebih dahulu menggunkan berat badan sebagai materi latihan. Bahkan tidak hanya menggunakan berat badan, para akrobatik dan pesenam pun menjadikan gaya gravitasi sebagai sarana melatih daya tahan. Seperti bergantung pada ring yang dikaitkan dengan tali, sebagai usaha menciptakan kekuatan yang luar biasa dan sebagai sarana sebagai pembentukan fisik. Bukan menjadi rahasia umum jikalau para gymnastic juga memiliki lekukan-lekukan otot seperti halnya mereka yang melakukan weight training.

Bersamaan dengan modernitas perkembangan fitness, mengundang para binaraga mengadopsi beberapa teknik latihan tersebut. Baru-baru ini terjadi pergeseran pemrograman pelatihan kebugaran yang tadinya konservatif kini lebih kearah fungsional. Artinya diciptakan program latihan yang memang betul-betul akan banyak digunakan dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Atau bisa dikatakan sebagai program latihan terapan. Program latihan seperti inilah yang disinyalir akan banyak digandrungi khalayak. Sebab dirasa sudah saatnya masyarakat memiliki kekuatan akan body awareness.

trxtrainthetrainer

Randy Hetrick yang juga mantan navy seal adalah orang yang pertama kali menciptakan program latihan dengan alat yang berbentuk tali sekaligus memasarkannya. Dalam perjalanannya, Randy Hetrick merasa puas akan karyanya dalam membantu penugasan tentara yang membuat mereka tetap bisa menjaga kondisi fisiknya agar tetap optimal. Namun berangkat dari kegemilangan karyanya tersebut, Randy mencoba mengupayakan alat ini bisa juga digunakan oleh masyarakat banyak atau bisa menjadi home user. Sebab alat (TRX) ataupun suspension training ini sangatlah mudah dalam penggunaannya dan tidak terlalu membutuhkan tempat khusus. Saking mudahnya penggunaan alat ini, para tentara dapat berlatih hanya dengan menemukan batang pohon ataupun tiang listrik bahkan di pintu tank.

Baru pada tahun 2005, tepatnya di Amerika Serikat Randy Hetrick mulai memasarkannya untuk masyarakat umum di luar navy. Sebab baginya saat itu, para senior level (usia senior) ataupun mereka paska cedera dirasa cocok untuk menggunakan alat yang terbuat dari nilon ini agar tetap bisa berolahraga dalam pencapaian stamina yang optimal. TRX juga baik digunakan bagi mereka yang berprofesi atlet dari berbagai cabang olahraga, sebab jika melakukan weight training dengan beban yang berat khawatir mengganggu kinerja otot fungsional. Sebagai contoh pemain basket yang berposisi sebagai shooter, tidaklah dibenarkan dalam menjaga kondisi staminanya melakukan angkatan yang terlalu berat yang berpotensi merusak akurasi tembakannya karena terganggungnya kinerja otot fungsionalnya.

What is TRX Suspension Training?

TRX

Seperti sedikit info yang dijelaskan sebelumnya, bahwa TRX pertama kali diperkenalkan di barak-barak Navy SEAL Amerika Serikat yang kemudian dikembangkan oleh Fiitness Anywhere Inc. TRX yang menganut sistem Suspension Training, yakni jenis latihan kebugaran menggunakan tali yang terbuat dari nilon. Sehingga pengguna menjadikan berat badannya sebagai materi latihan. Suspension training bisa dikatakan pula sebagai bodyweight exercise. Beberapa gerakan exercise juga dapat dilakukan dengan alat ini.

Tujuan dari latihan ini dapat dikategorikan seperti meningkatkan kekuatan, melatih keseimbangan, mengukuhkan fleksibilitas, serta pen-stabilitasan sendi dan otot secara bersamaan. Suspension training dapat dianggap pula sebagai resistance training. TRX hadir sebagai revolusioner dari perkembangan latihan body weight. Selain itu TRX Suspension Training sangat mudah baik dari segi pengaturan ataupun penggunaannya, serta yang lebih hebat TRX Suspension dapat dibawa kemana-mana hanya dengan cukup menaruhnya didalam tas olahraga.

TRX dapat pula digunakan sebagai media latihan dalam pembentukan otot. Alat ini digadang-gadang jauh lebih efisien ketimbang alat beban konservatif yang hanya menyediakan model latihan yang itu-itu saja dan tidaklah simple. Dengan menggunakan berat badan dan gaya gravitasi sebagai materi latihan, REPS Mania tidak hanya berhasil dalam membentuk badan melainkan juga mampu meningkatkan stabilitas keseimbangan atau fleksibilitas.

trx_large

Namun pembentukan otot dengan alat ini tidaklah menghasilkan otot sebesar para binaraga ketika menggunakan alat beban konservatif. Ketika menggunakan alat konservatif ketika ingin menambah bobot angkatan, kita harus susah payah gotong-menggotong plat hingga tercapai bobot yang diinginkan. Namun dengan TRX, REPS Mania hanya tinggal mengatur posisi badan sesuai dengan kemiringan atau tingkat gravitasi untuk penambahan beban latihan.

TRX seperti yang diungkapkan oleh Anton Anggoro selaku trainer berlisensi TRX bahwa, “TRX Suspension baru masuk ke Indonesia sekitar satu setengah tahun yang lalu”. Untuk mereka yang join dengan mega gym sudah dapat merasakan ataupun membuktikan kelugasan dari alat ini. Disarankan jika kali perdana menggunakan alat tersebut agar didampingi oleh trainer yang bersangkutan, demi terhindar dari segala bentuk kesalahan latihan yang akan menyebabkan cedera. Namun bagi yang lebih suka berlatih sendiri pun juga tetap bisa latihan dengan memiliki alat ini secara pribadi. Satu set pembelian TRX sudah dilengkapi dengan buku panduan beserta DVD latihan dengan ribuan macam gerakan beserta rambu-rambu intruksinya. Sehingga home user tetap aman dalam berlatih.

TRX juga menjadi salah satu group exercise menarik yang disediakan oleh industri fitness center. Sehingga member dibuat se-ekspresif mungkin dalam berlatih. Dengan kata lain TRX juga bisa dijadikan sarana pelatihan kardio. Pada dasarnya TRX hadir dengan propaganda jual “all in one”, artinya satu alat dapat digunakan untuk bayak gerakan dan satu gerakan dapat mengenai keseluruhan bagian tubuh.

Never Miss a Workout Again

core-club-durham-ct-TRX-suspension-training

Hanya dengan berat kurang dari 2lbs atau hanya sekitar 1kg anda dapat membawa TRX suspension training kemanapun yang kita inginkan. Namun bukan berarti alat tersebut tidak dapat memberikan hasil yang maksimal, sebab fungsi dan keragaman latihannya melebihi kinerja machines exercise yang notabene memiliki harga jauh lebih mahal. Sebab alat ini mampu merangkum segala jenis latihan, bahkan dapat pula digunakan untuk jenis latihan kardio ataupun latihan beban. Selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengaturan sets up persiapan alat, sehingga dalam momentum yang mepet pun REPS Mania tetap dapat melakukan latihan walau hanya di dalam rumah, kantor, dan lain sebagainya. Bahkan dimanapun REPS mania berada tetap dengan mudah berlatih tanpa banyak membuang waktu. Sehingga hampir bisa dipastikan tidak ada alasan untuk tidak sempat berolahraga.

A Complete Total Body Training System

TRX-side-plank3

TRX lebih dari sekedar alat olahraga serba guna, sebab program latihan menggunakan alat ini memberikan banyak variasi latihan. Latihan ala suspension training lebih banyak menggunakan otot yang setiap hari kita gunakan. Sedikit mengulas kembali tentang TRX Suspension adalah alat bantu dalam bodyweight suspension training yang menggunakan tali nilon berselaput dengan panjang hampir 12 kaki. Dilengkapi pula dengan pegangan atau sanggahan, dan lengkap dengan disain yang kokoh dan kuat. Kelebihan alat ini memiliki portabilitas dan fleksibilitas yang mumpuni, sehingga memungkinkan melakukan 1000 macam jenis latihan terutama yang berkaitan akan kebutuhan meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan ataupun hanya sekedar me-mantain otot seperti ketika kita nge-gym. Atas kelebihan tersebut TRX kini banyak digunakan para atlet mixed martial arts (MMA) sebagai sarana peningkatan kekuatan.

Seperti yang pernah diutarakan pihak Prima Fit selaku distributor dan retailer TRX bahwa, “Latihan menggunakan alat ini sangatlah aman dengan salah satu keunggulan sanggup menopang bobot sebesar 150 kg. Asalkan ketika mengkaitkan alat benar-benar teliti dan dipastikan terkait dengan sempurna, keamanan kita saat latihan akanlah terjaga”. Sekarang pilihan ditangan REPS Mania ataupun penggemar fitness lainnya dalam upaya meningkatkan endurance ataupun mencapai kondisi kebugaran yang maksimal.

580x220_trx-exercises1

Pada dasarnya perkembangan teknologi hadir atas dorongan dari perilaku konsumen itu sendiri. Tetapi tidak selamanya teknologi baru mampu menihilkan kemajuan-kemajuan teknologi yang terdahulu. Positifnya, kini pilihan dalam pemenuhan kebugaran semakin banyak variannya. Tidak ada alasan lagi untuk “ini dan itu” agar tidak berolahraga, sebab dari masing-masing perkembangan tersebut, saling melengkapi dari kekurangan yang ada sebelumnya. Bukan berarti hal yang baru dapat dikatakan sempurna, semua tetap dinaungi “plus dan minus”. Selamat mencoba menikmati Suspension Training ala Total Body Resintance Exercise. (dillah)

4 thoughts on “Total Body Resistance Exercise “All Time All Core”

  1. Saya mencari Alat / tali yg digunakan u/ latihan TRXnya, yaitu tipe suspension, apakah tersedia? Saya tunggu balasannya… Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *