Trend Kebugaran Masa Kini

sonia

Tidak bosan-bosannya industri tempat kebugaran menghasilkan inovasi terbarunya dalam memanjakan sang pelanggan dengan berbagai kelas-kelas menarik. Sebut saja dengan kehadiran tiga kelas berikut yang cukup booming di tengah masyarakat indonesia, diantaranya adalah: kelas yoga, floating yoga, dan pole dance. Dengan diselenggarakannya kelas tersebut, diharapkan dapat menjawab semua persoalan yang dialami kaum hawa dalam memiliki bentuk tubuh yang sexy tanpa harus melakukan weight trainning. Secara garis besar, ketiga kelas tersebut memiliki kesamaan maksud dan tujuan, yaitu membentuk tubuh agar terlihat ramping dan gemulai, namun tidak menutup kemungkinan bila diikuti pula oleh kaum Adam. Inilah yang dimaksudkan beberapa pengelola fitness dalam menghadirkan kelas terbarunya sebagai apresiasi kepeduliaannya terhadap para member.

Berikut ulasan singkat mengenai trend kebugaran ter update, yang menjanjikan tubuh anda menjadi lebih slim and flexible.

Yoga

1 P1165885

Yoga yang sudah dikenalkan kepada masyarakat semenjak 5000 tahun yang lalu. Dimana ajaran tersebut dikompilasikan patanjali sebagai suatu upaya meditasi dalam menyatukan diri terhadap sang pencipta maupun alam semesta. Sesuai dengan namanya, yoga yang berarti penyatuan, merupakan suatu proses dimana manusia memusatkan seluruh pikiran pada dirinya dalam mengontrol panca indera dan gerak tubuh secara keseluruhan. Sedangkan asanas merupakan postur tubuh dalam praktik yoga yang dilakukan secara duduk berdiam, berbaring, bahkan berdiri dengan kepala. Ini semua diupayakan dengan pernafasan yang sempurna, agar tubuh terasa relaks saat melakukan gerakan yoga.

Gerakan Yoga sering kali dikaitkan sebagai seni pembentukan tubuh. Melihat gerakan tersebut dilakukan dengan cara meliuk-liukan tubuh serta memadukan sistem pernafasan, maka yoga lebih diminati oleh masyarakat dalam proses merampingkan tubuh. Selain itu ketahanan otot yang dilakukan yogi (pelaku yoga laki-laki) ataupun yogini (pelaku yoga perempuan) dapat memberikan postur tubuh relatif fleksibel dan proposional bila dipandang mata.

yoga1-1

Benefit

Melihat gerakan yoga layaknya suatu gerakan yang mengandung unsur akrobatik, maka manfaat yang diperoleh adalah kelenturan tubuh khususnya pada bagian perut, pinggang, hingga persendian. Semakin teknik tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya, maka manfaat pembentukan otot-otot pun dapat terpenuhi dengan sendirinya. Selain itu, sistem pernafasan yang diterapkan pada gerakan yoga, membuat sirkulasi peredaran darah mengalir begitu cepat. Bahkan konsentrasi dalam bermeditasi pun membuat pikiran anda menjadi lebih fresh. Pada hakikatnya, Yoga merupakan suatu terapi yang dianjurkan dalam mengatasi berbagai permasalahan berkenaan dengan emosional.

Kata Ibu “Maya Muchtar” seorang pakar Yoga mengungkapkan, “dengan memfokuskan pernafasan saat melakukan asanas, maka pikiran tidak akan kemana-mana sehingga dapat menciptakan keseimbangan jiwa, diantaranya menghilangkan stress, depresi dan kegelisahan”.

Floating Yoga

38f098b64b4280db0c5b331368d881f7

Sesuai dengan arti namanya, floating adalah “menggambang” (bahasa inggris) sedangkan yoga sendiri adalah “penyatuan” yang diadopsi dari bahasa sansekerta. Floating yoga adalah suatu inovasi dari gerakan yoga yang dikembangkan dengan menggunakan alat dan alat tersebut dinamakan floating. Sedangkan floating itu sendiri befungsi sebagai penopang tubuh agar mempermudah dalam melakukan gerakan melawan gravitasi. Meskipun yoga pada umumnya tanpa disertai alat penunjang, maka seiring berkembangnya zaman konsep yoga pun dikembangkan negara barat menjadi teknik yoga yang  atraktif. Sehingga inovasi tersebut mendapat sorotan baik bagi masyarakat asia untuk mempopularitaskannya di tempat kebugaran.

Menurut Uci, salah seorang instruktur yoga di Celebrity Fitness club menjelaskan, bahwa “Dengan floating yoga dapat mempermudah seseorang yang kurang lentur dalam melakukan asanas menjadi lebih maksimal, sehingga otot tidak bekerja terlalu keras, selain itu improvisasi gerakan yang dilakukan floating yoga lebih leluasa dan elegan” jelasnya saat diwawancari Reps setelah kelas berakhir. Meskipun hanya beberapa tempat kebugaran yang mengadakan kelas ini, antusias pesertanya pun cukup memberi segi positif agar kelas tersebut dapat terealisasikan diberbagai tempat kebugaran lainnya.

Floating-Yoga

Benefit

Siapa kira, bahwa dengan berlatih floating yoga Anda akan dapat meningkatkan connecting antara otot satu dengan otot lainnya,  sehingga bagian otot-otot tersebut akan lebih terfokus dan aktif. Memang pada dasarnya tujuan yoga dengan floating yoga adalah sama, yaitu synchronise peleburan antara nafas, gerakan dan pikiran. Sehingga membuat otot-otot menjadi terasa relaks, kinerja otak menjadi aktif, serta sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar. Bagi anda penderita tekanan darah tinggi maupun obesitas, tidak perlu khawatir untuk mencoba kelas ini. Karena disini anda akan diarahkan untuk melakukan gerakan terapi sebelum memulai ke jenjang yang lebih umum.

Pole Dance

DSC_0320

Jika mendengar kata “Pole Dance” maka akan terbesit dalam pikiran anda, bahwa ini adalah tarian striptease yang terkategorikan sebagai tarian erotis dan seronok. Memang cukup dimaklumi, budaya negeri ini belum dapat menerima pole dance dengan seutuhnya, masih ada beberapa sisi negative yang membuat pole dence belum sepenuhnya diterima di hati masyarat. Tapi tunggu dulu, setelah ajang pencarian bakat yang bertajuk “Indonesia Mencari Bakat”, sontak nama pole dance pun tersohor hingga ke pelosok indonesia sebagai seni tari bernuansa artistik yang mengandung unsur kebugaran. Oleh karenanya, kelas pole dance saat ini mulai gencar diadakan ditempat kebugaran.

Asal mula pole dance itu sendiri bermula dari negeri india dengan sebutan mallakhamb, malla diartikan sebagai seorang lelaki kuat, sedangkan arti khamb adalah tiang yang berdiri tegak. Mallakhamb itu sendiri masuk ke budaya barat sebelum tahun 2000, dimana saat itu akrab dikenal sebagai tarian yang dilakukan perempuan di club malam. Namun lambat laun perkembangan pole dance mulai diakui dunia, ini dibuktikan dengan diadakannya kompetisi tarian akrobatik menggunakan tiang di tahun 2003.

Pole-Dancing-1

Menurut Junko salah seorang instruktur pole dance di studio kebugaran Liza Natalia arena menjelaskan, bahwa “pole dance itu sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya melatih kekuatan otot upper body dan lower body, seperti bicep, tricep, deltoids, calf dan hamstring. Disamping itu manfaat Pole dance sangat membantu sekali untuk mengencangkan tubuh serta membentuk otot-otot” paparnya saat ditemui di La Codefin daerah Kemang.

Benefit

Dari setiap kelas yang diadakan ditempat kebugaran, tentu memiliki keunggulan serta kualitasnya masing-masing. Jika sebelumnya Yoga dengan floating yoga unggul dalam memberi kenyamanan pada pikiran serta kebugaran pada tubuh. Maka pole dance pun juga mempunyai keunggulan yang tak jauh berbeda dari kedua kelas tersebut, diantaranya membentuk otot khususnya upper body agar lebih kencang dan berotot. Selain itu, penanaman nilai percaya diri yang dilakukan saat berpole dance di tiang, membuat anda lebih berpenampilan pede dengan keindahan tubuh yang dimiliki. Tak hanya disitu saja, kelincahan saat melenturkan tubuhpun dapat anda rasakan manfaatnya, sehingga gerak tubuh akan lebih terasa ringan dan lentur.

Saat ini olahraga yang mengandung unsur seni tarian hingga kelenturan tubuh, telah marak dipublikasikan di berbagai tempat kebugaran. Sebenarnya tujuanya adalah sama, yaitu mengeluarkan keringat dengan membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Namun yang pasti, kemunculan berbagai kelas-kelas tersebut diupayakan agar industri fitness tidak pudar dan lenyap untuk menciptakan body shaping and healthy. Semoga semakin banyaknya inovasi dan kreatifitas yang disuguhkan tempat kebugaran, maka semakin banyak pula masyarakat yang cinta dan peduli terhadap olahraga. Bravo Healthy Lifestyle! (Alfian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.