5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Fat Loss

Fat Loss atau menghilangkan lemak tubuh adalah salah satu usaha untuk menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih ideal.

Banyak cara yang dilakukan untuk usaha ini, mulai dari berolahraga di gym, hingga pengaturan makan atau diet yang ekstrim.

Sayangnya, usaha yang kita lakukan dalam mengurangi lemak tubuh ini sering kali gagal. Penyebabnya adalah karena kurangnya informasi yang benar tentang fat loss dan mudahnya termakan oleh mitos yang menyesatkan.

Berikut Reps bagikan 5 hal yang harus Anda ketahui sebelum memulai program fat loss Anda.

Jangan mengandalkan satu cara saja

Ketika seseorang memulai program penurunan berat badan, mereka akan cenderung lebih mengikuti hal yang dirasa lebih mudah dan nyaman untuk mereka. Misalnya, beberapa orang lebih menyukai diet ketat daripada berolahraga, sebaliknya ada yang lebih suka berolahraga dibandingkan harus diet.

Nyatanya untuk mendapatkan hasil fat loss yang baik, Anda harus memadukan keduanya, yakni diet, olahraga kardio, juga olahraga beban. Selain itu peran pemulihan dan suplementasi juga perlu Anda pertimbangkan.

Sebelum memulai semuanya, buat program yang dapat tubuh Anda sesuaikan, mulai dari menu makanan sesuai panduan diet sehat, sesi kardio, sesi olahraga beban, hingga waktu istirahat untuk pemulihan yang mana metabolisme tubuh akan berjalan ketika Anda tidur.

Hitung kalori yang masuk dan keluar

Kedengarannya memang cukup rumit, namun ternyata cara ini sangat penting sebagai panduan menyiapkan menu makan Anda sehari-hari. Dalam fat loss makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh sangat penting, karena kelebihan kalori dapat merusak semua usaha Anda.

Untuk itu buatlah daftar kandungan kalori pada makanan yang sering Anda konsumsi, atau jika ingin yang lebih praktis, Anda dapat menggunakan aplikasi atau kalkulator penghitung kalori online yang dapat Anda temukan di internet.

Baca juga: Fat loss vs weight loss.

Hindari cheat meal

Saat motivasi Anda belum kuat, tergoda cheat meal adalah hal yang paling sering terjadi. Kebanyakan orang berpikir mereka akan menebus kecurangan ini dengan berolahraga lebih keras esok harinya.

Namun ternyata tidak sesimpel itu. Mengonsumsi cheat meal yang tinggi kalori satu kali saja ternyata dapat merusak diet Anda selama berminggu-minggu. Ini karena makanan yang tidak sehat, terlebih dengan rasa enak memiliki sifat adiktif yang membuat Anda ingin makan lagi dan lagi.

Untuk itu, pertimbangkan berkali-kali sebelum Anda konsumsi cheat meal. Lebih baik, konsumsi makanan yang lebih sehat dengan rasa yang sama enak dengan cheat meal.

Saat ini sudah banyak gerai makanan sehat yang menjual menu yang tidak kalah enak rasanya dengan makanan junk food dan fast food.

Pikiran mempengaruhi tubuh

Kesehatan psikologis memegang peranan penting dalam kesehatan fisik karena dua hal ini saling berhubungan. Jika Anda mengalami stres, terlalu banyak tekanan, kurang istirahat, dan memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat, semua akan terlihat dari fisik Anda.

Tingkat stres yang tinggi akan meningkatkan kadar kortisol (hormon stres) yang ada di dalam tubuh. Akibatnya kadar hormon lain, seperti testosteron akan terganggu.

Selain itu sebuah penelitian menemukan bahwa kadar kortisol yang tinggi pada beberapa individu tertentu dikaitkan dengan obesitas yang menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Jangan melakukannya dengan cara yang ekstrim

Kebanyakan orang terobsesi untuk cepat kurus, sehingga mengabaikan aspek kesehatan tubuh itu sendiri. Dengan terobsesi cepat kurus biasanya seseorang hanya berfokus pada angka timbangan tanpa memperhatikan komposisi tubuh.

Melakukan program fat loss secara ekstrim akan merusak komposisi tubuh. Akibatnya akan muncul efek samping seperti kulit yang kendur, depresi, hingga gangguan kesehatan akibat diet yang salah.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *