9 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Setelah PSBB dilonggarkan di sejumlah wilayah, banyak orang yang memilih berolahraga di luar ruangan, salah satunya dengan cara bersepeda. Meski bukan jenis olahraga baru, bersepeda kini kembali menjadi trend dikalangan masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bersepeda adalah salah satu jenis latihan kardio yang fleksibel. Intensitas olahraga ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, jadi bisa dilakukan dengan intensitas rendah (santai), atau pun intensitas tinggi. Tidak selalu di luar ruangan, Anda juga bisa melakukan olahraga ini di dalam ruangan dengan menggunakan sepeda statis.

Tidak hanya dapat dilakukan oleh semua kalangan, nyatanya bersepeda punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya;

Menjaga berat badan

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio, yang mana dapat membakar kalori, meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak, serta membentuk otot. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, olahraga ini sangat membantu usaha Anda untuk membentuk tubuh ideal.

Menguatkan otot kaki

Tidak hanya membakar kalori, bersepeda juga dapat meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah, serta menguatkan otot kaki tanpa terlalu menekannya. Targetnya adalah bagian paha depan, gluteus, paha belakang, dan juga betis. Jika Anda ingin meningkatkan kinerja bersepeda, cobalah lakukan latihan angkat beban seperti squat, leg press, dan lunges beberapa kali seminggu.

Aman untuk pemula dan orang yang cedera

Jika Anda seorang pemula di dunia kebugaran atau sedang masa pemulihan cedera, Anda dapat melakukan olahraga ini dengan intensitas rendah. Fungsinya adalah mencegah membantu otot tubuh bagian bawah untuk tetap terstimulasi oleh gerakan. Setelah pulih atau otot telah terbiasa, Anda dapat melanjutkannya ke intensitas yang lebih tinggi.

Melatih inti tubuh

Selain otot kaki, bersepeda juga melatih otot inti tubuh, seperti punggung dan perut. Hal ini dikarenakan untuk menjaga tubuh tetap tegak dan sepeda tetap seimbang, dibutuhkan peran dari otot inti untuk melakukannya. Otot perut yang kuat dan punggung yang mendukung tulang belakang dapat meningkatkan stabilitas, hal ini membuat Anda lebih nyaman.

Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda juga dapat meredakan perasaan stres, depresi, dan kecemasan. Hal ini disebabkan karena saat bersepeda Anda dapat lebih fokus dan berkonsentrasi pada kesadaran Anda saat ini, sehingga membantu Anda melupakan masalah penyebab stres. Selain itu menghirup udara segar sambil bersepeda membuat perasaan Anda lebih rileks.

Membantu pemulihan penderita kanker

Ternyata bersepeda juga bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam masa pemulihan dari kanker. Sebuah penelitian tahun 2019 menemukan bahwa hidup aktif (melakukan olahraga termasuk bersepeda) saat menderita kanker payudara, dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, termasuk kelelahan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Menjaga gaya hidup tetap aktif

Gaya hidup yang serba instan rentan membuat Anda malas bergerak dan menjadi tidak aktif. Hal ini dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup tidak aktif tersebut, seperti serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dll. Untuk itu membiasakan diri dengan bersepeda dapat membantu Anda tetap aktif setiap harinya.

Menjaga keseimbangan tubuh

Saat menstabilkan tubuh dan sepeda agar tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur tubuh secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh cenderung menurun, untuk itu penting bagi Anda melakukan olahraga bersepeda.

Ramah lingkungan

Untuk mengurangi polusi udara, Anda dapat menjadikan sepeda sebagai kendaraan jika memungkinkan. Selain mengurangi pencemaran udara, tentu saja banyak manfaat sehat yang disebutkan di atas.

Baca juga: Kekurangan dan kelebihan berolaraga di dalam dan luar rumah

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Meski sehat dan ramah lingkungan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda bersepeda, khususnya di luar ruangan, yakni;

  • Untuk menghindari risiko kecelakaan di jalan, sebaiknya gunakan jalur khusus sepeda atau hindari jalur yang ramai kendaraan.
  • Gunakan alat pelindung khusus untuk bersepeda.
  • Hindari menggunakan pakaian yang longgar agar tidak tersangkut di jeruji sepeda. Bila memungkinkan, bawa baju ganti untuk menghindari bau keringat saat bekerja.
  • Pastikan sepeda memiliki perlengkapan yang berfungsi dengan baik, seperti rem, lampu sepeda, dan lain-lain.
  • Perhatikan cuaca yang sedang terjadi. Bawalah jas hujan jika hujan, dan gunakan tabir surya jika cuaca panas.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *