Ingin Membangun Otot Tanpa Lemak? Berikut Triknya

Selain fase bulking, dalam membangun otot Anda juga mengenal fase cutting, dimana Anda mengurangi lemak tubuh sekaligus mempertahankan massa otot. Tujuannya adalah memiliki otot yang bersih (lean) tanpa tertutup lemak. Biasanya dilakukan menjelang kompetisi atau kepentingan pemotretan. 

Sayangnya fase cutting ini jauh lebih sulit dan memakan waktu yang lama. Anda perlu mengatur pola makan, latihan lebih berat, bahkan meningkatkan sesi kardio Anda. Jika komposisi tersebut kurang tepat, otot yang kering mungkin tidak akan bisa Anda dapatkan.

Kali ini Reps akan membagikan 8 trik untuk membantu Reps Mania agar berhasil melakukan fase cutting untuk hasil otot yang kering. Simak poin-poinnya berikut ini:

1. Meningkatkan asupan air

Meskipun membuat Anda terlihat sedikit lebih kembung, faktanya meningkatkan asupan air selama cutting dapat mempengaruhi keberhasilannya. Air dapat membantu Anda mengatasi rasa lapar saat diet sehingga menghindari konsumsi makanan yang berkalori seperti camilan, juga memberikan sedikit energi untuk Anda berlatih ketika merasa lapar. Selain itu, mengkonsumsi air juga menghindari Anda dari minuman manis berkalori tinggi yang dapat mengganggu fase cutting Anda.

2. Konsumsi makanan buatan sendiri

Penyebab diet gagal adalah karena Anda terbiasa mengkonsumsi makanan siap saji atau makanan yang Anda beli di luar. Padahal kandungan garam dan gula di dalamnya sangat mengganggu penurunan berat badan saat cutting. Di samping itu total kalori di dalamnya juga tentunya sangat banyak. Untuk itu para binaraga biasanya memasak saat memasak makanan mereka sendiri. Cara ini juga membuat Anda lebih hemat bukan?

3. Hindari cheating food 

Rasa bosan terhadap makanan sehat membuat Anda tergoda untuk melakukan cheating day dan makan cheating food. Namun jika ini terjadi, Anda perlu mengubah mindset Anda. Karena jika hal ini sering terjadi, lama kelamaan diet Anda akan terbengkalai. “Besok diet, 3 hari lagi, seminggu lagi”. Pada akhirnya diet pun gagal. Untuk itu, tegaslah pada diri Anda terhadap cheating food

4. Tingkatkan sesi kardio

Saat cutting, Anda perlu meningkatkan sesi kardio Anda. Dengan melakukan kardio intensitas tinggi, metabolisme tubuh akan meningkat. Hal inilah yang akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak. Namun pastikan Anda melakukannya dengan benar untuk mencegah terjadinya kehilangan massa otot. 

5. Gunakan beban berat dengan repetisi rendah

Membangun otot juga membantu Anda membakar lemak. Untuk meningkatkan metabolisme Anda, lakukanlah latihan dengan beban berat, namun repetisi yang rendah. Teknik ini memang tidak membuat otot Anda tumbuh menjadi besar seperti saat melakukan repetisi banyak. Namun cara ini mampu menstimulasi syaraf untuk meningkatkan lebih banyak serat otot.

6. Kurangi konsumsi gula

Gula adalah jenis karbohidrat yang diolah menjadi energi sebelum lemak. Untuk itu, saat cutting Anda sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat menggunakan lemak sebagai bahan bakar untuk menghasilkan energi. Selain itu makanan manis memiliki kalori yang tidak sedikit.

7. Konsumsi kafein

Mengkonsumsi kafein saat diet sangat dianjurkan, karena membantu Anda lebih fokus dan konsentrasi saat latihan. Selain itu kafein juga berfungsi sebagai diuretik agar kandungan air yang ada di otot dapat berkurang, dan otot menjadi lebih kering. Kafein juga menjadi bahan campuran di beberapa suplemen pembakar lemak.

8. Jaga asupan protein dan serat

Dari semua jenis makronutrien, protein adalah yang paling penting saat membangun otot. Protein membantu meregenerasi sel otot yang robek setelah latihan beban. Jika Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan protein harian dengan makanan, Anda dapat mengkonsumsi suplemen protein yang sudah banyak dijual di pasaran. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan serat untuk menjaga metabolisme tetap sehat dan membuat Anda kenyang lebih lama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.