Daftar Kandungan Protein Dalam Potongan Ayam

Ayam adalah jenis unggas yang paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia untuk keperluan pangan, termasuk di Indonesia. Daging jenis ini bahkan sangat mudah ditemukan dalam bentuk mentah atau sudah diolah menjadi berbagai menu makanan.

Untuk Anda yang sedang diet dan membangun otot, daging ayam dapat menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan harian. Namun dari seluruh bagian yang terdiri dari sayap, paha atas, paha bawah, dan dada, manakah yang paling baik untuk dikonsumsi?

Berikut Reps ulas kandungan protein dan kalori masing-masing bagian.

Dada

Saat diet orang cenderung lebih memilih dada ayam untuk dikonsumsi. Hal ini karena kandungan protein dalam kalorinya yang tinggi, sehingga dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Satu bagian dada ayam tanpa kulit (172 gram) mengandung 54 gram protein, atau 31 gram protein per 100 gram. Selain itu bagian dada mengandung 165 kalori per 100 gramnya. 80% kalori berasal dari protein, sedangkan 20% lainnya berasal dari lemak.

Paha atas

Bagian lain yang juga banyak dikonsumsi selain dada adalah paha bagian atas. Harganya relatif lebih murah dibandingkan dada ayam. Bagian ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dada ayam yang berserat.

Satu paha ayam matang tanpa kulit dan tulang (52 gram) mengandung 13,5 gram protein, atau sama dengan 26 gram protein per 100 gram. Total kandungan kalorinya adalah 109 kalori, 53% dari protein, 47% dari lemak.

Paha atas memiliki warna yang daging yang lebih gelap dibandingkan dengan dada. Hal ini disebabkan karena kaki ayam lebih aktif dan mengandung lebih banyak mioglobin yang membantu memberikan oksigen pada otot.

Paha bawah

Bagian kaki terdiri dari dua bagian, yakni paha atas dan paha bawah. Paha bagian bawah biasanya disajikan lengkap dengan kulit, karena dagingnya yang sedikit.

Satu paha bawah tanpa kulit dan tulang (44 gram) mengandung 12,4 gram protein, atau 28,3 gram protein per 100 gram. Sementara kalori yang terkandung berjumlah 76 kalori per bagian, atau 172 kalori per 100 gram. 70% kalori berasal dari protein, sedangkan 30% dari lemak.

Jika paha bawah disajikan dengan kulit, total kalorinya menjadi 112 kalori, yang terdiri dari 53% protein, dan 47% lemak.

Sayap

Bagian sayap terdiri dari tiga bagian, yakni drumette, wingette, dan ujung sayap. Ketiga bagian ini sering diolah sebagai makanan ringan atau bar food.

Satu sayap ayam tanpa kulit dan tulang (21 gram), mengandung 6,4 gram protein, atau 30,5 gram protein per 100 gram. Kalorinya adalah 42 kalori per sayap, atau 203 kalori per gramnya, yang terdiri dari 64% protein, dan 36% lemak.

Sama halnya dengan paha bawah, kebanyakan orang makan sayap ayam dengan kulitnya karena dagingnya yang sedikit. Sayap ayam dengan kulit mengandung 99 kalori dengan 39% protein, dan 61% lemak.

Kesimpulan

Setiap bagian dari ayam sama sehatnya, namun kembali pada tujuan sehat Anda. Anda hanya perlu memperhatikan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

Jika Anda sedang membangun otot dan sedang dalam masa cutting, dada ayam adalah pilihan terbaik. Kandungan proteinnya yang tinggi dengan kadar lemak yang sedikit dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan protein otot. SelainSelain itu dada ayam yang memiliki sedikit kalori juga sangat baik untuk Anda yang menurunkan berat badan.

Namun bagi Anda yang sedang menjalankan diet keto dan membutuhkan asupan lemak. Bagian lainnya seperti paha atas, paha bawah, dan sayap dapat menjadi pilihan Anda. Bagian ini juga baik untuk mereka yang sedang menambah berat badan.

Untuk tetap menjaga kandungan ayam agar tetap sehat, pastikan untuk mengolahnya dengan bijak. Untuk Anda yang sedang diet, pastikan untuk tidak mengonsumsi kulit ayam karena kandungan lemaknya yang tinggi.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *