Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditunda Karena Pandemi

Komite Olimpiade Interasional (IOC) akhirnya resmi menunda Olimpiade Tokyo 2020 karena pandemi virus COVID-19 atau Corona yang terus menyerang banyak negara, termasuk Jepang. Pernyataan resmi tersebut disampaikan melalui situs resmi IOC pada tanggal 24/3/2020.

Pertemuan ini diselenggarakan oleh Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, dan Perdana Menteri Jepang, Abe Shinzo. Mereka menyatakan keprihatinannya tentang pandemi COVID-19 di seluruh dunia yang memberikan dampak signifikan, termasuk pada persiapan atlet global untuk Olimpiade.

Penyebaran wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, benar-benar tidak terduga dan membuat situasi di seluruh dunia memburuk.

Dalam keadaan ini dan berdasarkan informasi WHO, Presiden IOC dan Perdana Menteri Jepang menyimpulkan bahwa pertandingan Olimpiade XXXII di Tokyo harus dijadwalkan kembali ke tanggal di luar tahun 2020, tetapi tidak lebih dari musim panas 2021.

Pihak penyelenggara sepakat bahwa Olimpiade di Tokyo dapat berdiri sebagai mercusuar harapan bagi dunia selama masa sulit ini, dan bahwa nyala api Olimpiade dapat menjadi cahaya di ujung terowongan tempat dunia menemukan dirinya saat ini. Karena itu, disepakati bahwa Olimpiade akan tetap mempertahankan nama Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Keputusan ini mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Paris 2024 dan Komite Olimpiade Eropa (EOC), serta para atlet dari seluruh dunia yang harusnya berkompetisi dalam Olimpiade. Mereka setuju untuk lebih dulu berjuang melawan pandemi ini dengan mem-posting tentang diundurnya Olimpiade di media sosial mereka.

Dengan ditundanya Olimpiade Tokyo 2020, pemutusan rantai penyebaran pandemi mungkin akan terjadi. Hal tersebut dikarenakan virus COVID-19 sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya hanya dengan kontak saja. Virus ini bahkan telah menelan korban jiwa hampir 24.000 jiwa dari 200 negara pertanggal 27/3/2020.

Hal ini juga menjadi peringatan bagi kita untuk berada di rumah saja sementara waktu. Karena hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus Corona, termasuk ke lingkungan kita sendiri. Bahkan pemerintah telah membuat himbauan untuk bekerja, belajar, dan melakukan aktivitas lainnya di rumah. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *