Diet efektif dari zaman primitif dengan diet paleo

paleo.jpg

Bagi Anda pecinta gaya hidup sehat, pastinya sudah tidak asing dengan pola diet yang satu ini. Diantara banyaknya diet yang bermunculan dikalangan para pecinta gaya hidup sehat, Paleo diet merupakan salah satu diet yang paling populer. Mungkin diet ini sudah beberapa kali diulas dibeberapa kesempatan. Namun, tidak ada salahnya Reps mengulas lebih lengkap lagi untuk mengetahui seluk-beluk, prinsip dan efek positif ataupun negatif dari diet Paleo ini.

Apa sih diet Paleo itu?

Paleo diet adalah diet yang terinspirasi dari pola makan yang dianut oleh orang-orang pada zaman purba, tepatnya pada zaman paleolithikum. Diet ini biasa disebut The Caveman diet, Paleolithic, Stone Age, dan Warrior Diet. Dalam diet ini hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang berasal dari alam tanpa diolah terlebih dahulu, seperti buah-buahan, sayuran, daging hewan tanpa lemak, dan ikan-ikanan. Selain itu Paleo diet juga harus menghindari makanan olahan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu, minyak, lemak dan garam.

Prinsip diet Paleo

paleo-diet-590x442

Pada dasarnya prinsip dari diet paleo ini adalah kita memakan segalanya yang disediakan oleh alam alias back to nature. Sehingga apa yang kita makan bukan berdasar dari hasil olahan. Saat ini memang fastfood dan junkfood lah yang merajai pasar kuliner diseluruh dunia. Disamping rasanya yang lebih enak, makanan tersebut juga mudah ditemui dimanapun kita pergi. Itu lah yang membuat kita tidak lagi mementingkan arti hidup sehat, sehingga muncullah obesitas dan penyakit lainnya yang berasal dari kandungan tidak sehat dari makanan yang dimakan.

Didalam diet paleo ini, kita harus pandai memilah mana makanan yang boleh dikonsumsi ataupun tidak. Memang sulit karena pada zaman purba, nenek moyang kita mencari makanan dengan cara berburu dan memetik hasil alam. Sedangkan saat ini kebiasaan berburu sudah hilang dan berganti dengan beternak, sedangkan memetik hasil alam sudah berganti dengan pertanian dan perladangan. Untuk itu, kita dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayuran organik karena tidak banyak mengandung zat kimia. Selain itu kita diharuskan mengabaikan garam, mengganti gula dengan madu atau gula kelapa, dan yang terakhir menghindari produk olahan seperti susu, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak, dll.

Diet paleo akan lebih efektif apabila dikombinasikan dengan gerak aktif atau olahraga. Mengapa? Karena pada zaman purba dulu ketika nenek moyang kita berburu, gaya hidup yang mereka anut sangatlah aktif, seperti mencari makanan, tempat tinggal, air, dll. Untuk itu para penganut diet paleopun dituntut untuk bergerak aktif, seperti berjalan kaki, naik tangga, dan yang lainnya agar hasil yang didapat lebih optimal.

Untuk lebih jelasnya, berikut prinsip yang membuat Anda sukses dalam diet paleo ini:

1. Makan secukupnya (dalam porsi yang cukup)

Sebaiknya makanlah dalam porsi yang cukup. Tidak kurang ataupun berlebihan dan sesuai dengan takaran. Berhentilah makan ketika Anda merasa cukup kenyang karena makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda malas bergerak apalagi berolahraga.

2. Pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh

Makanlah makanan yang mengandung banyak nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Makanan yang kaya akan kandungan nutrisi biasanya adalah makanan yang berasal dari alam bukan makanan olahan, seperti yang dikonsumsi oleh nenek moyang kita di zaman purba.

3. Membuat makanan tetap sehat

Pastikan makan makanan yang alami bukan olahan. Misalnya daging, kita tidak dapat mengkonsumsinya dalam keadaan mentah karena tidak baik untuk pencernaan. Tetapi bila digoreng daging tersebut akan mengandung kolesterol. Bagaimana menyiasatinya? Dapat dilakukan dengan merebus atau memanggangnya didalam oven dan pastikan daging yang Anda konsumsi bebas dari gajih. Karena gajih mengandung lemak yang tidak baik untuk tubuh. Juga tidak menggunakan garam sebagai perasa. Untuk buah dan sayur dapat dikonsumsi mentah, namun pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu untuk menghilangkan pestisida yang menempel pada kulit buah.

4. Hindari produk makanan yang sudah diolah

Sebaiknya hindari produk olahan seperti padi-padian karena untuk mengkonsumsi makanan tersebut, dibutuhkan waktu yang lama untuk mengolahnya. Sedangkan prinsip dari diet ini adalah makan apa yang disediakan oleh alam.

Keuntungan Paleo diet

diet-paleo-purba

Banyak keuntungan yang kita dapatkan jika menerapkan diet paleo ini, diantaranya:

1. Berat badan dapat turun dengan mudah.

2. Bahan makanan mudah didapat sehingga tidak perlu bersusah payah mencarinya.

3. Kita boleh makan sesering mungkin namun makanan yang dikonsumsi harus masuk persyaratan yang telah disebutkan diatas.

4. Diet paleo juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh karena didalam diet ini dituntut untuk banyak bergerak sehingga tubuh akan terasa lebih bugar.

5. Diet paleo juga dapat memperbaiki postur tubuh bila dibarengi dengan olahraga yang tepat.

paleo-slider

Kerugian Paleo diet

Setiap hal memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri. Begitu juga dengan diet Paleo ini. Efek sampingnya adalah:

1. Tubuh akan kekurangan kalsium karena tidak mengkonsumsi susu, kacang-kacangan dan juga gandum.

2. Makanan mentah khususnya ikan atau makanan laut yang langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu sangat tidak baik untuk tubuh karena dikhawatirkan mengandung merkuri dari pencemaran air laut.

3. Tubuh akan mengalami kelebihan protein.

4. Efek penyesuaian tubuh karena perubahan pola makan, yang tadinya mengkonsumsi karbohidrat, kini menjadi lebih banyakmengkonsumsi protein dan lemak baik.

Nah itu dia ulasan singkat mengenai paleo diet. Berminat untuk mencobanya? Pastikan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter, apakah diet ini cocok untuk Anda. Selamat mencoba! (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *