Gejala-gejala tubuh Anda kekurangan protein

img-protein

Pada dasarnya untuk menurunkan berat badan, Anda dapat menerapkan diet tinggi protein dan rendah karbohidrat. Namun masih banyak saja yang salah mengartikan diet itu sendiri. Bahkan beberapa orang menjadi vegetarian demi menjaga berat tubuhnya agar tetap ideal. Padahal mengkonsumsi makanan dengan protein yang tinggi tidak membuat tubuh Anda gemuk. Justru sebaliknya. Karena protein adalah salah satu zat yang penting untuk tubuh dan kekurangan protein sendiri memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh kita.

Diet yang sangat ketat dan kurangnya pengetahuan tentang nutrisi dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda. Untuk itu Anda harus tahu apakah Anda termasuk kekurangan protein. Berikut gejala-gejala yang timbul pada tubuh Anda ketika Anda kekurangan protein:

Anda ingin makan makanan manis

makan-makanan-enak

Salah satu gejala utama Anda kekurangan protein adalah Anda mulai memiliki keinginan untuk makan makanan yang manis. Mengapa? Karena fungsi protein sendiri adalah menjaga kadar gula darah. Bila Anda kekurangan protein, kadar glukosa anda akan berfluktuasi secara signifikan yang berefek pada inginnya makan makanan manis. Setelah Anda makan makanan manis gangguan tersebut akan hilang dan akan meningkatkan energi. Namun energi tersebut akan hilang dengan cepat.

Anda merasa berkunang-kunang

Pernahkah Anda tiba-tiba merasa berkunang-kunang dan tidak fokus. Hal tersebut juga merupakan salah satu gejala kekurangan protein. Saat gula darah Anda tidak seimbang, Anda akan merasa lemas dan berkunang-kunang. Selain itu Anda membutuhkan protein untuk sumber energi otak. Jika Anda hanya mengandalkan karbohidrat, gejala tersebut akan hilang namun ketika karbohidrat telah habis Anda akan kembali merasa berkunang-kunang. Karena karbohidrat akan cepat diolah oleh tubuh dan habis, sementara protein diolah secara bertahap sehingga memberikan rasa kenyang dan energi lebih lama.

Edema (pembengkakan)

Edema (pembengkakan) adalah gejala pengumpulan cairan dibawah kulit. Seringkali terjadi pada kaki. Edema adalah salah satu gejala dimana tubuh mengalami kekurangan protein karena peranan protein sangat penting dalam menjaga keseimbangan air didalam tubuh. Tanpa protein penyimpanan air didalam tubuh menjadi terganggu.

Kerontokan rambut

Kerontokan dan penipisan rambut juga merupakan gejala dari kekurangan protein. Karena zat protein berperan penting dalam membangun semua sel tubuh termasuk folikel rambut itu sendiri. Bila Anda kekurangan protein tentunya kesuburan sel folikel rambut akan terganggu sehingga berefek pada terjadinya kerontokkan rambut.

Badan terasa lemas

tidak-larat-bersenam-adalah-petanda-kurang-protein

Bagi Anda yang sedang membangun otot, protein sangatlah penting. Anda yang melakukan diet hanya dengan mengkonsumsi sayuran tanpa memperhatikan asupan protein akan merasa lemas dan lesu. Hal tersebut tentunya membuat latihan Anda tidak maksimal. Selain itu fungsi protein sangatlah penting dalam merecovery otot setelah latihan.

Mudah sakit

Ternyata bukan hanya antioksidan saja yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Protein pun memiliki fungsi yang sama karena protein dibutuhkan untuk membangun semua senyawa dalam sistem kekebalan tubuh. Jadi jika Anda mudah terserang penyakit namun tidak kekurangan antioksidan, mungkin penyebabnya adalah kekurangan protein.

Penyembuhan luka melambat

Kulit adalah organ yang melindungi tubuh manusia dan rentan terhadap terjadinya luka. Kulit terdiri dari jaringan-jaringan yang akan rusak ketika tersengat matahari atau luka. Zat yang berperan penting dalam menyembuhkan luka adalah Asam amino dan protein. Bila tubuh kekurangan protein, maka penyembuhan luka akan berjalan lebih lambat.

Sulit tidur

Sulit tidur dapat disebabkan oleh kekurangan zat serotonin, yaitu zat asam amino tertentu. Asam amino yang diperlukan, diproduksi ketika protein dipecah oleh tubuh. Diet rendah protein dapat menyebabkan kesulitan dalam tidur.

Sakit kepala

27.-penyebab-sakit-kepala-bagian-belakang

Anda sering tiba-tiba merasa sakit kepala? Hal ini juga merupakan salah satu gejala kekurangan protein. Biasanya hal ini disebabkan oleh dua hal yaitu anemia atau gula darah rendah.

Garis putih pada kuku

Perhatikan kuku Anda. Bila terdapat garis putih dibagian bawah kuku jari tangan dan kaki, itu pertanda Anda kekurangan protein.

Ruam

Salah satu gejala yang kekurangan protein adalah munculnya ruam dikulit. Ruam tersebut dapat disertai dengan kulit kering dan mengelupas. Jika kekurangan protein semakin ekstrim ruam dapat menyerupai eksim.

Turunnya berat badan

Pria-Kurus-Susah-Punya-Keturunan-1

Penurunan berat badan dalam jumlah besar adalah salah satu gejala dari kekurangan protein. Hal ini mungkin disebabkan oleh penyusutan otot akibat kurangnya asupan protein. Maka tubuh akan membakar otot dan otot akan menyusut yang diikuti oleh penurunan berat badan.

Gejala emosional

  • Mudah tersinggung
  • Depresi
  • Mudah cemas
  • Kurangnya energi.

Text by: Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *