Kiat Natural Membangun Otot Dengan Cepat

heintje9

Semua orang tahu bahwa membangun otot tubuh tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh beberapa proses yang harus dilalui. Landasan utamanya adalah dengan strategi mengatur asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh, serta latihan yang terprogram agar tujuan membentuk otot dapat tercapai. Namun dengan latihan dan nutrisi yang tepat, tidak mustahil Anda dapat membentuk otot dengan cepat. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda ketahui untuk membangun otot dengan cepat:

Pelajari tentang kalori yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan otot

Bodybuilding-Breakfast

Berapakah kalori yang Anda butuhkan setiap harinya? Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan kalori tubuh tergantung pada beberapa faktor, seperti; jenis kelamin, berat badan, usia serta gaya hidup yang meliputi aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Semakin berat aktivitas, semakin banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kualitas kalori yang dimaksud adalah kualitas kalori yang baik, tidak mengandung lemak, tinggi gula, berminyak dan lain sebagainya.

Secara umum cara mengukur kebutuhan kalori adalah dengan langkah sebagai berikut:

  • Tinggi badan dikurangi 100, misalnya 170 – 100 = 70
  • Hasilnya dikurangi 10%, misalnya 10% dari 70 adalah 7, maka hasil yang didapatkan adalah 63. Angka ini menunjukkan berat toleran dari orang yang tingginya 170 adalah 63 – 70 kg.
  • Kemudian hasinya dikali 25 untuk wanita, dan 30 untuk pria, misalnya untuk wanita 63 dikali 25 hasilnya 1.575, untuk pria 63 dikali 30 hasilnya 1.890. Angka tersebut menunjukkan jumlah kebutuhan kalori pria dan wanita dengan tinggi badan 170 cm.
  • Terakhir hasilnya ditambah 20%, misalnya 20% dari 1.575 adalah 315, sedangkan 20% dari 1.890 adalah 378, maka jika ditambahkan total kebutuhan kalorinya adalah 1.890 dan untuk pria sebesar 2.268.
  • Hasil tersebut dibagi 3 kali makan dan 2 kali snack dalam satu hari.

Fokus pada kelompok otot besar tubuh Anda

Tubuh terdiri dari otot besar dan otot kecil. Keduanya sangat penting untuk dilatih. Namun penelitian (Kalo ada researchnya, tolong dicantumin aja yu, biar kuat datanya) terbaru mengungkapkan bahwa pelatihan kelompok otot besar dapat memicu proses membangun otot dan memungkinkan dalam memngembangkan otot yang lebih besar. Kelompok besar diantaranya dada, punggung dan kaki. Pastikan Anda melatih kelompok otot besar selama terprogram dalam satu minggu, dan tidak lupa melatih otot kecil disela-sela latihan Anda.

Tipu otot Anda dengan beban

weight-training-for-crossfit-8

Setelah berlatih dengan beban, ada baiknya jika Anda menaikkan beban secara bertahap. Bila seminggu pertama Anda berlatih dengan bench press 15 kg, pada minggu berikutnya tambahlah berat bench press Anda. Tidak perlu terlalu berat, misalnya 5 kg dimasing-masing sisi. Kemudian tambah lagi di minggu berikutnya, dan seterusnya. Hal ini ditujukan untuk menipu otot Anda agar lebih cepat tumbuh dan berkembang. Berlatih dengan beban yang sama dalam waktu yang lama akan membuat otot Anda terbiasa dan stuck tidak tumbuh membesar. Cara ini efektif dalam membangun otot dalam kurun waktu singkat.

Ubah rutinitas olahraga teratur Anda

Bila selama ini Anda datang ketempat kebugaran sebanyak 3 kali dalam seminggu dan melatih dua otot tubuh Anda, cobalah untuk mengubah rutinitas tersebut dengan berlatih sebanyak 6 kali seminggu namun fokus pada satu bagian otot saja. Misalnya Anda melakukan latihan biceps dan dada pada hari Senin, maka Anda harus mencoba latihan triceps pada hari ketiga dalam seminggu. Latihan dengan rutin dapat membantu Anda mendapat tekanan lebih pada otot biceps, triceps dan otot lainnya yang memungkinkan tubuh Anda untuk mengembangkan serat otot.

Gunakan Suplemen

drinking_protein

Belakangan ini suplemen bukanlah lagi barang langka yang sulit didapatkan. Jenis dan merknya pun semakin banyak bermunculan dipasaran. Dalam hal ini suplemen fitness memang dibutuhkan dalam usaha pembentukan otot. Saat membentuk otot, Anda membutuhkan jumlah protein yang lebih banyak dari biasanya, dan bila Anda hanya mengandalkannya dari makanan, tak terhitung berapa banyak makanan yang harus Anda makan bukan? Itulah gunanya suplemen, yaitu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otot untuk berkembang. (Ayu/berbagai sumber)

One thought on “Kiat Natural Membangun Otot Dengan Cepat

  1. Maaf klo tinggi sy 175cm dan berat badan sy 80kg brp kalori yg di butuhkan selanjutnya suplemen apa yg bagus utk membentuk massa otot mempertahankan massa atot, tks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *