Mana yang Lebih Baik, Melatih Otot Trapezius dengan Latihan Punggung atau Bahu?

 bingung8

Oleh Fikry Hizbullah

Mungkin jargon “chest day” atau “leg day” sering terdengar di telinga Anda. Namun, pernahkah Reps mania mendengar kata “Traps day”?

Kesalahan umum yang dilakukan pelaku fitness dalam membentuk otot traps adalah dengan melatih serangkaian gerakan otot bahu saja.

Mereka lupa bahwa otot traps berada pada otot punggung. Otot trapezius atau traps memiliki bentuk yang unik yaitu diamond, terbagi pada tiga bagian otot traps atas, tengah dan bawah.

Ketika Reps mania berpikir untuk memiliki otot traps yang besar, maka Anda langsung mengarah pada latihan bahu. Shrug, Side lateral raise dan Upright row jadi senjata andalan menstimulus otot traps Anda. Itu masuk akal, namun hanya otot traps bagian atas saja yang terlatih.

Lalu bagaimana dengan 2 bagian lainnya?

Otot traps bagian tengah berada di antara otot bahu bagian belakang, yang artinya Anda harus melatih otot tersebut dengan seated cable rows karena gerakan tersebut menstimulasi otot traps bagian tengah Anda. Row memang biasa dilakukan untuk melatih otot punggung Anda, namun gerakan ini dapat menstimulasi bagian otot lainnya seperti middle traps.

Otot traps bagian bawah berfungsi menggerakkan tulang belikat ke bawah seperti melakukan gerakan lat pulldown yang merupakan latihan otot punggung. Faktanya, gerakan tersebut dapat menstimulasi otot traps bagian bawah Anda.

Jadi, latihan mana yang Anda akan gunakan? Semua itu tergantung. Jika Reps mania menggabungkan latihan otot punggung dan bahu secara bersama-sama, maka kemungkinan besarnya Anda dapat melatih beberapa bagian otot yang berbeda, dan itu bagus. Intinya adalah Anda harus merasakan otot yang dilatih mengenai sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *