Revolusi Binaraga Dunia Dari Tahun ke Tahun

Perkembangan olahraga binaraga di dunia sangatlah pesat dari tahun ke tahun. Mulai dari zaman kuno di Yunani sekitar abad ke-5 SM. Binaraga dilambangkan oleh Hercules yang merupakan lambang maskulinitas dalam mitologi Yunani. Bagi masyarakat Yunani kuno, binaraga adalah suatu jenis apresiasi terhadap bentuk tubuh ideal.

Perkembangan binaraga di dunia barat dimulai tahun 1880 hingga 1953. Di abad ke-19 saat itu olehraga yang identik dengan otot ini dipelopori oleh Eugen Sandow yang dikenal sebagai bapak binaraga. Ia menggelar kontes binaraga perdana dunia pada 14 September 1901 yang bertajuk “Grear Competition” di Royal Albert Hall, London Inggris.

Pada tahun 1970-an binaraga semakin dikenal karena mendapat publisitas besar berkat Arnold Schwarzenegger dan di dekade yang sama didirikan pula federasi bodybuilding terbesar yang kini menaungi beberapa event besar dunia, International Federation of Bodybuilding & Fitness (IFBB).

Awalnya binaraga bukanlah olahraga yang hanya mengutamakan besarnya otot yang mendefinisi tubuh saja, tetapi lebih pada fisik yang ideal memenuhi estetika dan simetri tubuh. Tetapi seiring berkembangnya zaman, kriteria penilaian fisik binaraga semakin berubah, yang tadinya aesthetic menjadi freak.

Seperti apa perkembangan fisik binaraga dari tahun ke tahun? Simak videonya berikut ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *