Si merah ungu pencegah anemia

beetroot-smoothie-1200x800b

Mungkin beberapa orang masih asing dengan buah yang satu ini. Buah berbentuk seperti lobak namun lebih kecil dan bulat berwarna merah ungu ini akrab disebut buah bit. Apa saja kandungan dan manfaat dari buah bit ini? Simak ulasan berikut ini.

Perkenalan

Buah bit memang belum banyak pengaplikasiannya di Indonesia. Maklum dia adalah salah satu buah import dari Amerika tepatnya Mesopotamia. Nama latinnya adalah Beta Vulgaris dan masuk dalam kelompok Amaranthaceae. Di benua Eropa dan Asia si merah ungu ini sudah banyak digunakan sebagai bahan makanan dan obat. Sebagian besar dari mereka mengolahnya dengan cara di jus, direbus dan juga dibuat sup. Rasanya memang kurang enak yaitu langu dengan sedikit rasa tanah karena bit ini tumbuh didalam tanah meskipun bukan termasuk dalam jenis umbi-umbian. Namun, khasiatnya tidak diragukan lagi.

Kandungan

static.squarespace.com

Setelah tahu bagaimana bentuk buah bit, mari kita simak kandungan dari buah merah ungu ini.

Komponen Jumlah per 100%
Asam Folat 34%
Kalium 14,8%
Serat 13,6%
Vitamin C 10,2%
Magnesium 9,8%
Triptofan 1,4%
Zat besi 7,4%
Tembaga 6,5%
Fosfor 6,5%
Caumarin
Betasianin

Manfaat

eat-beetroot-salad

Dilihat dari kandungannya, buah bit ini kaya akan manfaat. Terutama untuk menyembuhkan berbagai penyakit baik yang ringan bahkan hingga yang berat. Berikut ini manfaat dari buah bit:

  1. Memperkuat fungsi darah, sistem peredaran darah, mengatasi anemia dan membantu memproduksi sel-sel darah merah.
  2. Obat hati, empedu, dan ginjal karena cara kerjanya menetralisir racun yang ada didalam tubuh.
  3. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker didalam tubuh.
  4. Melancarkan pencernaan karena mengandung serat.
  5. Menyehatkan jantung, pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.
  6. Menurunkan kadar kolesterol.
  7. Menghilangkan masalah ketombe.
  8. Menambah energi dan stamina tubuh.
  9. Pewarna makanan alami.

Hebatnya selain bisa mengatasi anemia dengan memproduksi sel darah merah, buah bit ini juga mampu menurunkan tekanan darah. Sehingga bagi Anda pengidap anemia dan hipertensi dapat menormalkan kadar darah Anda dengan buah ini.

Pemanfaatan buah bit

Beetroot Smoothie With Ginger

Untuk mengkonsumsi buah bit kita dapat mengolahnya menjadi jus, direbus atau dibuatsup. Namun masyarakat mayoritas mengolahnya dengan cara dijus. Berikut beberapa mix jus bit dan manfaatnya.

1. Jus buah bit untuk mengatasi anemia

Untuk mengatasi anemia, Anda dapat membuat jus buah bit dan dikonsumsi setiap hari dua gelas, yaitu pada pagi dan malam. Cara membuat jusnya sangatlah mudah.

Bahan:

  • Buah bit
  • Air secukupnya

Cara membuat:

Cuci buah bit hingga bersih, kemudian kupas kulitnya. Setelah dikupas potong-potong buah bit dan masukkan kedalam blender. Kemudian tambahkan air secukupnya dan blender hingga halus. Setelah diblender, saring ampas buah bit dan ambil airnya untuk diminum. Selain diblender, buah bit juga dapat diparut kemudian diperas.

2. Jus buah bit untuk membersihkan ginjal dan kantung empedu

Untuk membersihkan ginjal dan kantung empedu dari racun yang ada diorgan penyaringan tersebut, Anda dapat menambahkan ketimun atau wortel, dan air soda atau air perasan lemon didalam komposisi jus buah bit.

Bahan:

  • Buah bit
  • Ketimun
  • Air soda atau air perasan jeruk lemon

Cara membuat:

Cuci ketimun dan buah bit hingga bersih, kemudian kupas kulit buah bit. Setelah itu potong-potong ketimun dan buah bit, dan masukkan kedalam blender. Tambahkan air soda atau air perasan jeruk lemon, blender hingga halus.

3. Jus buah bit untuk dikonsumsi oleh pasien pengidap kanker

Jus buah bit juga dipercaya dapat membunuh sel kanker karena mengandung betasianin. Untuk pengaplikasiannya dalam membunuh sel kanker, jus buah bit dapat ditambahkan dengan beberapa buah dan sayuran.

Bahan:

  • Buah bit
  • Wortel
  • Seledri
  • Bayam
  • parsley

Cara membuat:

Cuci semua bahan hingga bersih, kemudian kupas buah bit. Potong-potong buah bit, wortel, dan sayuran lainnya kemudian masukkan kedalam blender. Blender hingga halus dan sajikan.

4. Sebagai penghilang ketombe

Selain untuk kesehatan dalam tubuh, buah bit juga dapat diaplikasikan sebagai penghilang ketombe yang membandel dikepala. Caranya dengan membuat jus buah bit ditambahkan sedikit cuka apel. Setelah itu dioleskan kekepala sambil dipijat halus. Biarkan semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

Begitu banyak manfaat buah bit ini. Berniat untuk mencobanya? Anda dapat menemukannya dibeberapa supermarket ataupun pasar tradisional. Semoga bermanfaat. (Ayu-berbagai sumber)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *