Binge Eating: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Binge eating adalah sebuah istilah yang didefinisikan sebagai konsumsi makanan dalam jumlah besar yang tidak biasa dalam waktu singkat hingga hilang kendali. Kondisi ini termasuk dalam salah satu gangguan makan yang dapat menyebabkan obesitas, depresi, hipertensi, hingga masalah fisik dan mental lainnya.

Meski banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan, seperti genetik dan penyakit, namun binge eating adalah salah satu penyebab utamanya.

Seperti apa orang yang mengalami kondisi ini? Berikut Reps ulas untuk Anda.

Penyebab

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami gangguan makan ini, seperti mood yang tidak menentu, penilaian terhadap diri sendiri, hingga diet yang terlalu ketat.

Mood yang tidak stabil

Makanan enak sering dianggap sebagai sesuatu yang dapat memperbaiki suasana hati. Entah saat sedih dan frustasi, ataupun saat hati merasa sangat senang. Semakin tidak stabil suasana hati, semakin Anda cenderung makan berlebihan.

Baca juga: Emosi dan pola makan.

Penilaian terhadap diri sendiri

Penilaian terhadap diri sendiri juga membuat Anda tidak peduli apakah Anda telah makan secara berlebihan. Ketika seseorang merasa tidak lagi bisa menurunkan berat badan, mereka akan berhenti memikirkan jumlah makanan yang mereka makan, dan akan makan apapun yang mereka ingin.

Diet yang terlalu ketat

Selain mood, diet yang terlalu ketat juga memicu Anda mengalami binge eating. Setelah program diet berakhir, seseorang cenderung kembali ke kebiasaan makan sebelumnya sehingga membuat berat badan kembali melonjak seperti sebelumnya.

Cara mengatasinya

Ada beberapa cara untuk mengatasi binge eating, di antaranya;

Makan dalam porsi kecil dan sering

Dibandingkan dengan makan 3 kali sehari, makan lebih sering dalam porsi kecil dapat lebih efektif menjaga Anda dari makan berlebihan. Anda akan merasa lebih kenyang, serta menghindari Anda terlalu banyak ngemil.

Pola makan ini juga dapat membantu Anda menjaga berat badan dengan meningkatkan metabolisme. Berikan jeda 3 jam per-sesi makan untuk mencegah Anda makan terlalu sering.

Hindari mengelompokkan makanan

Saat diet orang cenderung mengelompokkan mana makanan yang baik dan makanan yang buruk. Namun ternyata cara ini dapat memicu Anda untuk tergoda mengonsumsi makanan yang Anda anggap buruk di hari-hari tertentu.

Daripada sibuk memberi label pada makanan, lebih baik Anda memperhatikan kalori dari makanan yang Anda makan. Cara ini akan mencegah Anda untuk makan berlebihan dan membuat Anda tetap bisa sesekali mengonsumsi makanan yang Anda sukai.

Lakukan aktivitas fisik

Selain makan, aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membantu Anda menjaga berat badan dan merasa lebih bugar. Anda tidak perlu berolahraga terlalu berat dan terlalu sering, karena penelitian menunjukkan bahwa berolahraga 3 kali dalam seminggu dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Cukup berjalan santai 30 menit setiap pagi atau atur aktivitas olahraga yang Anda sukai sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk membuat tubuh Anda terasa lebih bugar dan lebih sehat setiap harinya.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *