Pisang: Menurunkan Berat Badan Atau Bikin Gemuk?

Pisang adalah buah sehat yang sering dikonsumsi saat diet. Namun beredar kabar bahwa buah berkulit kuning yang manis ini mengandung kalori yang tinggi, sehingga dapat membuat Anda gemuk. Lantas amankah pisang di konsumsi saat diet?

Satu buah pisang mengandung sekitar 27 gram karbohidrat dan 14 gram gula. Total kalori yang ada di dalamnya adalah sekitar 105 kalori. Namun gula tersebut merupakan gula alami, sehingga tetap aman di konsumsi.

Selain itu, pisang juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Dalam pisang berukuran sedang, terkandung 3,07 gram serat dari asupan harian untuk orang dewasa, yakni 25 gram untuk mereka yang menjalani diet 2.000 kalori.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara asupan serat yang lebih tinggi dengan bobot tubuh yang lebih rendah. Nutrisi ini juga dapat membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah.

Serat dalam pisang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi kelebihan kalori dari makanan dan camilan yang tidak sehat. Serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Haruskah konsumsi pisang sebelum latihan?

Untuk menentukan mana pisang yang paling sesuai untuk diet adalah dengan memilih pisang yang masih hijau dan belum terlalu matang. Ini karena pisang yang lebih matang mengandung lebih banyak gula (meskipun sehat), sehingga kalorinya lebih besar.

Pisang yang belum terlalu matang mengandung pati resisten, yakni karbohidrat yang tidak mudah terurai di usus halus dan langsung melewati usus besar. Karbohidrat yang tidak terurai ini dapat mencegah terjadinya peningkatan kadar gula darah. Setelah mereka akan berfermentasi di usus besar dan merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

Makan lebih banyak pati resisten dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa pati resisten juga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini dapat memberikan manfaat sehat pada kesehatan usus, sehingga mencegah sembelit dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Selain sebagai sumber serat, pisang juga dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh sebelum berolahraga. Sebuah penelitian tahun 2012 menunjukkan bahwa makan pisang matang selama berolahraga memiliki efek yang sama pada daya tahan tubuh seperti minuman karbohidrat.

Studi yang melibatkan 14 pengendara sepeda ini membuktikan bahwa mengonsumsi pisang sebelum dan sesudah latihan dapat meningkatkan performa tubuh. Selain itu kadar dopamin pisang yang tinggi dapat meningkatkan mood selama berolahraga.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *