Durasi Latihan Yang Efektif Untuk Membangun Otot

durasi latihan

Durasi latihan yang efektif untuk membangun otot? pernahkah terlintas di benak kalian berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun otot?

Kebanyakan orang berpikir bahwa semakin lama berlatih di gym, semakin cepat otot akan membesar. Nyatanya hal tersebut adalah salah besar. Lantas berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melatih bagian-bagian otot di gym? Dan apa saja yang perlu dilakukan? Simak ulasannya berikut ini.

Bagaimana otot tumbuh?

Otot adalah jaringan tubuh yang paling mudah beradaptasi ketika menghadapi tekanan, atau beban. Saat melakukan olahraga ekstrem seperti angkat beban, serat otot akan mengalami perobekan atau cedera otot. Maka jangan heran jika setelah latihan otot akan terasa sakit.

Ketika otot mengalami perobekan, sel-sel bagian luar serat otot akan aktif dan memperbaiki kerusakan dengan saling bergabung, hasilnya serat otot akan meningkat. Dalam hal ini tubuh dibantu oleh hormon yang memiliki peran untuk mengirim sel ke otot setelah berolahraga, membentuk kapiler darah baru, memperbaiki sel otot, dan mengelola massa otot.

Baca juga :http://reps-id.com/ingin-membangun-otot-tanpa-lemak-berikut-triknya/

Misalnya, gerakan resistensi membantu tubuh melepaskan hormon pertumbuhan dari kelenjar hipofisis Anda. Jumlahnya tergantung pada intensitas latihan yang Anda lakukan. Hormon tersebut akan memicu metabolisme Anda dan membantu mengubah asam amino menjadi protein untuk meningkatkan otot.

Berapa lama durasi latihan yang tepat?

durasi latihan

Faktanya menghabiskan waktu seharian di gym tidak membuat otot Anda cepat besar. Sebaliknya hanya akan membuat Anda mengalami kelelahan otot. Durasi latihan yang paling efektif untuk sesi latihan adalah 20-30 menit, sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu. Anda perlu membuat program tersendiri sesuai dengan tujuan Anda.

Meskipun tidak secara langsung hasil latihan dapat terlihat, sesi latihan yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otot, karena olahraga dapat merangsang sintesis protein dalam 2 hingga 4 jam pasca Anda menyelesaikan latihan. Untuk itu Anda membutuhkan istirahat agar proses tersebut dapat berjalan baik.

Mengapa otot butuh istirahat?

Manusia mengistirahatkan diri dengan cara tidur, agar esok hari dapat beraktivitas dengan tubuh yang lebih segar. Begitu juga dengan otot. Otot memerlukan waktu untuk melakukan pemulihan setelah cedera karena tekanan beban. Jika otot terus dipaksa melakukan latihan, Anda mungkin akan mengalami overtraining. Untuk itu penting mengambil istirahat setelah berlatih.

Lamanya waktu istirahat yang efektif untuk pemulihan otot adalah 1-2 hari, tergantung seberapa tinggi intensitas olahraga yang dilakukan. Jika Anda belum terbiasa dengan olahraga yang berat, berlatihlah 2 hari, kemudian ambil 1 hari untuk istirahat. Sementara jika Anda sudah terbiasa berolahraga berat, ambilah 1 hari dalam seminggu untuk istirahat.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *