8 Manfaat Latihan Beban

Latihan beban adalah jenis olahraga anaerobik yang memberikan manfaat jangka panjang untuk kesehatan fisik dan penampilan. Orang mungkin datang ke gym karena resolusi mereka, tetapi tetap berlatih karena perubahan positif yang mereka alami.

Namun meski butuh beberapa waktu untuk menuai hasilnya, olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Berikut Reps ulas apa saja manfaat latihan beban untuk Anda.

Mendapatkan massa otot

Tujuan utama latihan beban adalah untuk membangun otot. Dengan melakukan gerakan dibantu dengan mesin atau beban bebas, otot akan mengalami perobekan (hipertrofi) dan pembesaran saat tubuh mengalami pemulihan. Jika Anda rutin berlatih dengan program yang tepat, massa otot Anda akan semakin bertambah yang mana juga bisa memperbaiki postur tubuh Anda.

Menjadi lebih kuat

Tidak hanya massa otot, dengan rutin mengangkat beban Anda akan menjadi lebih kuat karena tubuh terlatih oleh beban yang Anda angkat. Ini juga bermanfaat untuk aktivitas Anda sehari-hari salah satunya saat mengangkat barang-barang yang berat.

Postur tubuh yang lebih baik

Dengan bertambahnya massa otot, postur tubuh akan menjadi lebih baik. Perubahan dari terlalu kurus atau terlalu gemuk menjadi berotot dapat membuat Anda menjadi percaya diri. Meski perubahan tersebut tidak berlangsung cepat, progres dari waktu ke waktu yang menjadi lebih baik dapat memberi kepuasan tersendiri dan membuat Anda semakin termotivasi untuk berlatih.

Stamina meningkat

Latihan beban ditambah dengan kardio dapat membantu meningkatkan stamina dan kekuatan kardiovaskular Anda. Ini dapat membantu Anda beraktivitas lebih baik dan tidak mudah merasa lelah. Selain stamina, latihan beban juga dapat meningkatkan kekuatan inti, fleksibilitas, kelincahan, dan sistem imun yang baik.

Meredakan stres

Salah satu masalah yang sering melanda masyarakat, khususnya di perkotaan adalah stres. Daripada Anda melampiaskannya pada sesuatu yang negatif, Anda bisa memilih latihan beban untuk alternatif pereda stres. Latihan beban setelah seharian duduk di depan komputer dapat menjadi pilihan yang baik untuk Anda. Selain meredakan stres, manfaat sehat pun bisa Anda bawa pulang.

Baca juga: Olahraga beban dapat ringankan depresi.

Membuat Anda lebih disiplin

Tidak hanya sehat saja, latihan beban dapat membuat Anda lebih disiplin, baik soal waktu, nutrisi, dan juga pelatihan. Seiring berjalannya waktu dan dengan perubahan bentuk tubuh yang lebih baik, kebiasaan sehat ini akan berpengaruh pada aspek kehidupan Anda yang lain, sehingga hidup Anda lebih positif.

Berpengaruh positif bagi psikologis

Setelah sedikit demi sedikit mengalami kemajuan dalam transformasi tubuh, secara fisologis dan psikologis Anda akan merasa semakin tertantang untuk berubah semakin baik dan semakin banyak lagi. Ini berarti latihan beban berpengaruh positif pada kesehatan tubuh dan mental Anda.

Lebih bijak perihal nutrisi

Diet memegang peranan penting dalam pembentukan otot, sehingga mengharuskan Anda untuk lebih bijak saat mengelola nutrisi yang masuk ke tubuh. Kebiasaan makan sehat ini juga dapat mengurangi risiko tubuh mengalami masalah kesehatan seperti obesitas, hipertensi, kolesterol, dll.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *