Konsumsi Kopi Dapat Menurunkan Risiko Infeksi COVID-19

Konsumsi kopi adalah kebiasaan masyarakat dunia dari berbagai kalangan usia, baik yang tua maupun yang muda. Tidak hanya cita rasanya yang unik, minuman ini ternyata juga dapat menurunkan risiko infeksi COVID-19 hingga 10%.

Dilansir dari detikhealth, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Northwestern University menyebutkan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih rendah. Termasuk pada virus COVID-19. Studi ini melibatkan 40.000 peserta dari U Researchers.K.biobank.

Dalam studi tersebut, tim mempelajari kebiasaan diet peserta dari tahun 2006 hingga 2010, kemudian menghipotesiskan risiko berikutnya dari infeksi virus Corona pada tahun 2020. Para peneliti secara khusus mengamati konsumsi kopi, teh, daging olahan, daging merah, buah, sayuran, serta ikan berminyak.

Setelah menyesuaikan faktor-faktor seperti ras, usia, jenis kelamin, dan faktor lain seperti aktivitas fisik, BMI, dan riwayat kondisi medis tertentu, para peneliti menemukan bahwa konsumsi 1 cangkir kopi atau lebih per hari dikaitkan dengan penurunan risiko sekitar 10 persen dibandingkan dengan yang kurang dari 1 cangkir/hari.

Ini karena kopi mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang berperan dalam meminimalisir tubuh dari infeksi virus. Selain itu konsumsi minuman ini memberikan korelasi yang baik dengan biomarker inflamasi yang terkait dengan tingkat keparahan dan kematian akibat COVID-19.

Dalam temuan ini, peneliti juga menemukan bahwa konsumsi sayuran setidaknya 0,67 porsi dapat membantu mengurangi risiko infeksi COVID-19. Tetapi konsumsi daging olahan seperti ham dan sosis justru meningkatkan risikonya.

Baca juga: Manfaat kopi yang jarang diketahui orang.

Meski penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat mengurangi risiko infeksi COVID-19, namun butuh penelitian lebih lanjut untuk menunjukkan seberapa besar keefektifannya. Ini karena penelitian ini tidak hanya berfokus pada konsumsi kopi saja, tetapi pada keseluruhan daftar makanan yang menjadi kebiasaan diet.

Terlepas dari itu, konsumsi minuman tersebut dengan jumlah cukup setiap hari dapat memberikan benefit kesehatan pada tubuh Anda. Pastikan untuk mengonsumsi bubuk kopi yang belum dicampur (original) bukan dalam bentuk kemasan yang mengandung banyak gula. (Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *