Mengenal Cable Machine Untuk Membentuk Otot

Saat Anda datang ke gym, cable machine adalah salah satu alat yang pasti Anda temukan di dalam ruang latihan beban. Alat yang serbaguna ini dapat membantu Anda mengeksekusi berbagai macam gerakan latihan, sehingga menambah variasi latihan Anda untuk mencegah stagnasi otot.

Namun karena terlalu banyaknya pegangan, penggunaan mesin ini sering kali salah atau bahkan dihindari. Padahal dibandingkan yang lainnya, alat ini cenderung lebih aman dan minim risiko cedera.

Cable machine sangat fungsional. Menurut penelitian alat ini secara khusus efektif untuk meningkatkan rentang gerak, serta dapat mengisolasi kelompok otot tertentu. Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin membangun kekuatan otot, ukuran, juga rehabilitasi pasca terjadinya cedera.

Cara tepat menggunakan cable machine

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cable machine adalah, tentukan jumlah berat yang akan diangkat.

Untuk pemula, mulailah dari beban yang ringan sambil mempelajari teknik gerakan yang benar daripada mementingkan berat beban.

Ini dikarenakan sistem saraf membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan menjadi terbiasa dengan pola gerakan latihan. Kemudian secara perlahan, Anda dapat meningkatkan bebannya sedikit demi sedikit.

Melakukan gerakan dengan beban yang terlalu berat, seringkali membuat Anda tidak memperhatikan teknik mengangkat dengan benar, sehingga otot yang dituju tidak terstimulasi beban dengan baik, dan yang paling buruk adalah cedera bisa saja terjadi pada otot Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menentukan berat beban sesuai dengan tujuan kebugaran. Misalnya, jika Anda fokus pada bertambahnya massa otot, gunakan beban yang disesuaikan dan mengangkatnya sebanyak 6-12 repetisi setiap set. Jumlah ini telah terbukti efektif untuk menciptakan hipertrofi otot.

Baca juga: Efek jumlah repetisi terhadap pertumbuhan otot.

Namun jika tujuannya untuk melatih kekuatan tubuh, Anda bisa menggunakan beban yang lebih berat dengan repetisi yang lebih sedikit (1-5 repetisi) setiap setnya. Cara ini sangat efektif untuk melatih kekuatan Anda untuk mengangkat beban lebih baik.

Cable machine dapat digunakan untuk berbagai macam gerakan. Anda dapat memindahkan pegangan kabel ke atas ataupun ke bawah sesuai dengan gerakan dan tujuan latihan Anda.

Macam-macam gerakan dengan cable machine

Cable Crossover

Decline Cable Flyes

Seated Cable Rows

Biceps Cable Curl

Triceps Cable Extension

Seated Cable Lat Pulldown

Standing Trunk Rotation

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *