Penyebab Tubuh Selalu Merasa Kelelahan

Sering merasa kelelahan meski aktivitas yang Anda lakukan tidak terlalu berat memang sangat mengganggu kehidupan Anda. Anda akan dicap malas, hingga tidak profesional dalam melakukan aktivitas sehari-hari hingga pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Namun ternyata kelelahan ini tidak muncul tanpa sebab. Anda dapat mengidentifikasi penyebabnya dan mengatasi rasa lelah yang sangat mengganggu. Berikut penyebab tubuh selalu merasa lelah yang harus Anda ketahui.

Mengonsumsi terlalu banyak kafein

Bukan rahasia lagi jika konsumsi kopi sangat baik untuk mengawali aktivitas dan membangkitkan mood sebelum memulai hari. Dalam jumlah cukup, kopi memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, namun jika berlebihan justru akan menjadi masalah bagi tubuh Anda.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein setiap hari dapat mengganggu siklus tidur dan kemampuan untuk tidur nyenyak. Siklus dan kualitas tidur yang terganggu dapat membuat stamina tubuh tidak prima.

Diet rendah karbohidrat

Diet rendah karbo adalah diet yang paling populer untuk menurunkan berat badan. Pengaturan makan ini mengharuskan Anda untuk mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan protein, lemak sehat, dan serat.

Diet ini memang terbukti dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat dan permanen, namun membuat Anda mudah merasa lemas dan kelelahan.

Mengapa? Karena tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk beraktivitas sehari-hari. Jika Anda mengurangi karbohidrat secara ekstrim, tubuh akan kekurangan energi.

Tidak tidur tepat waktu

Tidur malam, idealnya adalah selama 6-8 jam setiap hari. Jika jam tidur Anda kurang dari waktu tersebut, Anda bisa tidur siang selama 30-45 menit. Kurang dari waktu tersebut, energi Anda tidak akan terisi penuh sehingga Anda mudah lelah. Hindari pemicu Anda sulit tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Tidak konsumsi cukup zat besi

Zat besi adalah sel yang membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika Anda kekurangan zat besi, Anda akan merasakan tubuh Anda lelah sepanjang hari.

Untuk itu konsumsilah daging, unggas, ikan, dan makanan hewani lainnya untuk memastikan tubuh tidak kekurangan zat besi.

Tubuh tidak pulih dengan baik

Berolahraga membuat tubuh Anda terasa bugar, namun tubuh juga membutuhkan waktu untuk pulih kembali setelah beraktivitas berat. Jika Anda tidak memberikan waktu yang cukup untuk pemulihan, tubuh akan merespon dengan rasa sakit dan kelelahan.

Pastikan untuk memberikan waktu untuk tubuh memulihkan diri sebelum memulai sesi olahraga selanjutnya.

Baca juga: 5 tips percepat pemulihan pasca latihan.

Stres

Bekerja di bawah tekanan akan membuat tubuh mengalami stres. Faktanya psikologis seseorang juga mempengaruhi baik tidaknya kondisi tubuh seseorang. Ketika mental Anda lelah, tubuh akan mengalami hal yang sama sehingga mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Jika Anda merasa diri Anda mengalami stres, berikan sedikit waktu istirahat untuk pikiran Anda. Mengikuti kebiasaan sehat seperti yoga dan meditasi dapat membantu Anda memanajemen stres Anda menjadi lebih baik.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *