Amankah Menjalankan Puasa Selama Pandemi Corona?

Ramadhan telah tiba. Saatnya umat muslim di dunia menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar (waktu subuh), hingga matahari terbenam (waktu magrib), yang mana memakan waktu hampir 18 jam lamanya. Selama itu Anda tidak diperbolehkan makan atau minum apapun.

Namun ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni karena beberapa negara di belahan dunia sedang menghadapi pandemi virus Corona, yang semakin hari semakin banyak penularannya di masyarakat.

Salah satu cara mencegah terjangkit virus adalah kita harus menjaga sistem kekebalan tubuh tetap baik dengan memperhatikan asupan nutrisi tubuh seharian. Sementara periode lama tidak makan atau minum dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Di samping itu, tubuh juga rentan mengalami dehidrasi yang dapat mempengaruhi lendir saluran pernafasan. Lendir ini memiliki peran untuk menghalangi virus masuk ke dalam tubuh, sehingga himbauan untuk konsumsi banyak air putih sangat digalakkan.

Lantas bagaimana solusinya agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi?

Dilansir dari bbc.com, penting untuk memastikan bahwa kebutuhan kalori Anda terpenuhi pada waktu sahur dan berbuka, termasuk kebutuhan makronutrien, seperti karbohidrat, protein, dan lemak, serta kebutuhan mikronutrien seperti vitamin dan mineral.

Anda dapat memasukkan berbagai jenis makanan, seperti sayur, buah, kacang, dan menu protein ke dalam menu Anda. Jangan lupa perhatikan juga cara mengolah makanan agar tidak mengurangi nilai gizi yang ada di dalamnya.

Kemudian untuk mencegah dehidrasi, jangan lupa konsumsi cairan yang cukup. Terutama air putih. Hindari konsumsi minuman berkafein, ataupun berkarbonasi. Karena memiliki efek diuretik yang membuat Anda akan cepat dehidrasi.

Selain itu, untuk menjaga keseimbangan sistem imun, Anda dapat menjaga aspek-aspek lain dari kesehatan, seperti beristirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, serta memanajemen stres.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan setiap saat dengan senantiasa mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Hindari keluar rumah selama pandemi untuk mencegah penyebaran virus, kecuali untuk hal yang mendesak saja.

Semoga ibadah puasa Anda berjalan lancar.

(ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *