Kebiasaan Bersih di Gym Yang Perlu Anda lakukan Selama Masih Pandemi

Pandemi yang melanda berbagai belahan dunia belum berakhir, meski sebagian besar sudah kembali beraktivitas secara normal. Walau berbagai vaksin telah dikembangkan untuk mencegah penularan, namun penerapan gaya hidup yang lebih bersih dengan mengenakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak masih terus digalakkan.

Salah satu aktivitas yang kini telah kembali dilakukan adalah berolahraga ke gym. Meski dapat menyehatkan dan meningkatkan imun tubuh, sebuah penelitian oleh Nature menemukan bahwa gym adalah salah satu dari empat tempat yang paling berisiko tinggi untuk penularan virus COVID-19. Ini dilihat berdasarkan banyaknya kluster infeksi dari gym-gym di kota-kota besar di Amerika Serikat.

Selain itu, kita semua tahu bahwa gym bukanlah tempat yang higienis. Pemakaian alat dari yang satu ke tempat lainnya dengan tubuh yang berceceran keringat, handuk yang diletakkan dimana saja, interaksi antar member yang tidak dibatasi, hingga sirkulasi udara yang buruk di dalam gym. Semua itu dapat menjadi penyebab mengapa virus mudah berpindah ke satu individu ke individu lainnya.

Berikut Reps bagikan apa saja kebiasaan bersih yang harus Anda lakukan selama pandemi masih berlangsung.

Bawalah dua handuk saat latihan

Anda masih menggunakan kaos Anda untuk mengelap keringat saat di gym? Nampaknya sekarang cara tersebut sudah tidak lagi aman. Selain kotor, saat Anda berlatih, pakaian Anda akan menempel dimana saja (di alat latihan, di matras, dll). Ketika Anda menggunakannya untuk menyeka keringat, kotoran dan virus yang menempel akan sampai di wajah Anda.

Idealnya bawalah handuk, minimal dua buah. Yang satu untuk menyeka keringat di wajah, dan satu lagi untuk membersihkan peralatan sebelum Anda gunakan. Ini dapat membantu Anda lebih steril dan terhindar dari paparan virus. Jangan lupa untuk tidak meletakkan handuk Anda di sembarang tempat, sehingga orang lain tidak menyentuhnya.

Bawa botol air sendiri dari rumah

Meski di gym menyediakan botol minum atau minuman botolan, selama pandemi masih berlangsung, usahakan untuk membawa peralatan minum Anda dari rumah. Ini karena Anda dapat menjamin kebersihannya dibandingkan membeli minuman yang ada di luar rumah.

Selain minum, kurangi penggunaan barang di gym yang mungkin digunakan banyak orang, seperti sauna, spa, toilet, juga kamar mandi. Sebisa mungkin bersihkan diri Anda di rumah.

Usahakan selalu bersih

Jika biasanya Anda selalu berpindah alat latihan beban dengan bebas, kini Anda perlu waspada, terlebih jika gym Anda ramai pengunjung. Pasalnya penyebaran virus dari peralatan latihan bisa saja terjadi.

Sebelum menggunakannya, pastikan peralatan tersebut sudah dibersihkan oleh petugas gym, atau bisa Anda bersihkan sendiri dengan menyemprotkan desinfektan. Anda juga bisa membawa handsanitizer untuk membersihkan tangan Anda. Jangan lupa untuk tidak menyentuh bagian wajah sebelum Anda membersihkan tangan Anda.

Selalu gunakan masker

Meski mengganggu, tetaplah gunakan masker saat latihan beban. Masker bisa membantu Anda memblokir virus yang akan masuk ke bagian wajah, khususnya pernafasan. Kini sudah banyak jenis masker yang disesuaikan dengan kebutuhan, termasuk untuk berolahraga. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadi efek samping karena berolahraga menggunakan masker.

Baca juga: Kiat aman berolahraga menggunakan masker.

Pilih waktu latihan dengan bijak

Saat pandemi, berlatih saat gym dalam keadaan ramai sama saja dengan bunuh diri. Anda perlu menjaga jarak dan bekerja ekstra untuk membersihkan alat yang akan Anda gunakan berlatih. Selain itu, virus juga akan hidup jika sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut buruk.

Pilihlah waktu berlatih dengan bijak. Carilah waktu dimana gym tidak terlalu banyak pengunjung, sehingga Anda dapat berlatih dengan nyaman. Bahkan beberapa gym sudah membuat kebijakan dengan membatasi jumlah member yang berlatih di waktu yang sama sehingga gym tidak terlalu penuh.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *