Konsumsi Pre-Workout Berlebihan Pria Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

Seorang pria yang disebut JA membagikan videonya saat mengonsumsi 8 scoop pre-workout lewat akun TikToknya untuk mendapatkan lebih banyak followers. Namun aksi nekatnya ini malah membuatnya harus masuk rumah sakit karena mengalami stroke otak.

Bernard Hsu adalah seorang Youtuber yang bekerja di bidang medis. Ia sering membagikan kasus yang rekannya alami sebagai bentuk pembelajaran bagi semua orang. Salah satu video yang ia bagikan baru-baru ini adalah tentang konsumsi pre-workout yang salah.

Kejadian ini dialami oleh seorang pria berusia 25 tahun yang disebut dengan JA. Dia adalah seorang TikToker yang sering membagikan video seputar dunia kebugaran.

Pertama-tama ia membagikan videonya ketika mengonsumsi 2 sendok pre-workout tanpa air seperti yang dilakukan para atlet profesional. Ini dipercaya dapat menunjukkan efeknya lebih cepat dibandingkan jika Anda mencampurnya dengan air.

Meskipun ia merasa tercekik saat melakukannya, ia mendapat followers lebih banyak setelah membagikan video tersebut.

Seperti yang dijelaskan Bernard, JA pun memposting video serupa namun dengan jumlah konsumsi yang lebih banyak, yakni 4 sendok pre-workout tanpa air dan menambahkan 4 sendok lagi yang dicampur dengan air. Kemudian ia pergi ke gym dan berlatih.

Namun sayangnya sebelum latihan dimulai, ia merasa tidak enak badan, gelisah, berkeringat, hingga sakit kepala hebat. Atas izin ibunya, TikToker tersebut dibawa ke rumah sakit. Setelah memeriksa keadaannya diketahui JA telah konsumsi 8 sendok pre-workout, petugas medis melaporkan bahwa tekanan darahnya tinggi, detak jantungnya tak beraturan, dan ukuran pupil matanya berbeda.

Kondisi ini disebabkan oleh sejumlah besar kafein dan kreatin, serta campuran energi fokus yang terkandung dalam pre-workout memberikan efek buruk pada tubuh. Jika ditambah dengan latihan beban, kemungkinan akan terjadi pendarahan dan pembengkakan di otak.

“Kombinasi kafein dalam jumlah besar dan beta phenylethylamine dalam delapan sendok pre-workout yang ditelan sekaligus, dengan angkat berat, semuanya dapat meningkatkan tekanan darah JA begitu tinggi sehingga menyebabkan otaknya mulai mengalami stroke dalam bentuk berdarah,” kata Bernard Hsu dalam videonya.

Untuk tindakan penyelamatan, dokter terpaksa memotong potongan tengkoraknya untuk mengurangi tekanan. Ini akan menyelamatkan hidupnya sekaligus memungkinkan ia sembuh total dalam beberapa bulan.

Baca juga: Beta Alanine, suplemen terbaik untuk menunjang latihan.

Sebagai penutup video, Bernard Hsu memohon kepada pemirsanya untuk tidak mengikuti jejak JA dengan menggunakan pre-workout secara berlebihan. Meskipun pasti ada waktu untuk menggunakan pre-workout, kita semua setuju bahwa mengambil 8 scoop sekaligus bukanlah keputusan yang cerdas.

(Ayu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *