Tanda Anda Berhasil Membangun Otot

Hal yang paling penting saat membangun otot adalah mengetahui bahwa otot Anda mengalami pertumbuhan dan massa otot Anda bertambah. Namun sayangnya progres pertumbuhan otot tidak selalu cepat dan terlihat jelas, sehingga Anda mungkin bingung apakah otot Anda tumbuh atau tidak.

Jika latihan, diet, dan segala aspek lainnya dalam membangun otot sudah benar, Anda mestinya tidak perlu khawatir. Namun jika masih penasaran apakah semua berjalan dengan baik, berikut Reps bagikan tanda-tanda Anda berhasil membangun otot.

Berat badan Anda naik, tetapi Anda tetap ramping

Saat membangun otot, tubuh akan mendapatkan sejumlah lemak. Hal ini tidak bisa dihindari karena itu memang proses dari pembentukan otot. Namun jangan khawatir, ini bukan sesuatu yang ‘salah’ sehingga Anda buru-buru menghentikan progres Anda.

Ketika membangun otot, bertambahnya lemak mungkin akan membuat Anda menjadi gemuk. Tetapi jika lemak tersebut dikelola dengan baik, Anda bisa mempertahankan tubuh kering berotot sepanjang tahun dan tidak perlu melakukan cutting dan bulking.

Kunci untuk meminimalkan penambahan lemak adalah menambah berat badan Anda secara perlahan. Jika Anda melakukan ini dan fokus pada perubahan dari minggu ke minggu, berat badan Anda akan bertambah namun meminimalkan penambahan lemak Anda.

Tingkat standar kenaikan berat badan adalah 1:1, yang berarti setiap 2 lbs berat yang Anda tambahkan, 1 akan menjadi lemak, dan 1 akan menjadi otot. Terkadang Anda melakukannya lebih baik di hari ini dengan penambahan otot, namun esok bisa jadi sebaliknya tergantung pada diet, latihan, genetik, dan gaya hidup.

Jika Anda melakukan hal ini kemudian menyadari berat badan Anda terus bertambah namun tubuh tetap ramping, itu berarti Anda berhasil membangun otot Anda.

Ukuran pinggang Anda tetap sama atau meningkat dengan perlahan

Indikator terbaik massa otot bagi pinggang adalah seberapa besar ukuran pinggang Anda. Apakah pinggang tetap kecil sementara otot lainnya membesar, atau ukuran pinggang membesar sementara otot lainnya semakin meningkat.

Ini karena ukuran pinggang yang kecil berkontribusi pada tampilan V-shape yang banyak menjadi goals dalam membangun otot. Selain itu jika berat badan Anda berubah perlahan sementara semua pengukuran otot yang lain ikut bertambah, itu pertanda Anda membangun otot maksimum dan mendapat lemak minimum.

Baca juga: Tips latihan agar pinggang terlihat kecil.

Untuk melacak perubahan pada bagian pinggang dan otot lainnya, Anda dapat melakukan pengukuran dua minggu sekali. Usahakanlah untuk konsisten dan mengukur dengan cara yang sama setiap saat untuk hasil yang akurat.

Saat berat badan Anda naik, Anda juga menjadi lebih kuat

Mendapatkan kekuatan saat makan dalam jumlah surplus kalori adalah indikator bahwa Anda berada di jalur yang benar. Anda tidak hanya menjadi kuat, tetapi juga dapat menerapkan kelebihan beban progresif yang menjadi pendorong utama kemajuan Anda di gym.

Jika berat badan Anda bertambah namun tidak ada kemajuan dalam aspek kekuatan, maka ada yang salah dalam proses Anda. Hal ini mungkin disebabkan oleh ketidakkonsistenan Anda dalam berlatih atau Anda tidak menyadari bahwa Anda semakin kuat.

Untuk itu Anda perlu berlatih secara konsisten dan mencatat perkembangan Anda dalam buku harian guna memantau apakah perjalanan Anda membangun otot memberikan hasil atau hanya berjalan di tempat saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *