Tips Membangun Otot Betis Lebih Besar

Otot betis adalah salah satu bagian otot yang paling sulit untuk dibentuk. Banyak dari pria ataupun wanita yang mengeluhkan bahwa betis mereka tidak ideal dan tidak terbentuk meski sudah latihan keras.

Walaupun genetika memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan otot, namun ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ukuran betis Anda.

Berikut Reps bagikan tips membangun otot betis lebih besar.

Gunakan beban

Selama ini kebanyakan orang melatih betis tanpa menggunakan beban. Padahal otot ini juga membutuhkan beban agar terstimulasi.

Berlatih hanya dengan mengandalkan berat badan (dengan tangan kosong) tidak akan memberikan tekanan yang diperlukan untuk memecahkan otot. Untuk itu cobalah menambahkan dumbbell saat Anda melakukan latihan betis.

Sesuaikan repetisi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu menyesuaikan berapa repetisi yang perlu Anda lakukan dalam setiap gerakan saat melatih betis.

Meski tidak harus mengerjakan 100 repetisi, Anda juga tidak mungkin hanya melakukannya 4 atau 5 repetisi saja bukan. Jangan ragu untuk mencoba menyesuaikan rentang repetisi tergantung dengan kemampuan dan tujuan Anda.

Konsentrasi pada kontraksi otot

Saat melatih otot apapun, Anda perlu berkonsentrasi pada kontraksi otot untuk memberi tekanan lebih. Hal ini dapat memasok lebih banyak darah ke otot dan membuat gerakan menjadi lebih efisien.

Saat Anda mengeksekusi otot betis, pastikan untuk memberi tekanan lebih untuk memaksimalkan kontraksi otot. Gunakan teknik TUT (Time Under Tension) untuk variasi latihan dimana perobekan otot akan lebih besar dan meningkatkan lebih banyak massa otot.

Baca juga: Mendobrak stagnasi otot dengan time under tension

Buat satu hari khusus latihan betis

Kebanyakan orang melatih betis bersamaan atau setelah latihan kaki. Namun melatih betis setelah  latihan kaki membuat latihan tidak optimal lantaran otot betis sudah kelelahan.

Untuk itu agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu meluangkan waktu khusus untuk melatih betis Anda. Dengan kondisi yang masih penuh tenaga, Anda akan mendapatkan output yang lebih baik dari pada menjadwalkannya di akhir sesi latihan.

Penutup

Meski tips ini dapat membantu Anda mendapatkan otot betis yang besar dan kencang, namun Anda tidak boleh melupakan prinsip utama membangun otot lainnya, yakni nutrisi dan istirahat.

Tanpa memperhatikan nutrisi dan istirahat yang cukup, latihan Anda tidak akan memberikan hasil karena pemulihan otot tubuh termasuk betis hanya terjadi ketika Anda beristirahat.

(Ayu/berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *